Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musim Hujan Makassar Diprediksi November, Tapi Curah Hujan Rendah

Adanya fenomena El Nino akan membuat curah hujan tetap rendah, demikian prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
Ilustrasi Siklon Tropis./BMKG
Ilustrasi Siklon Tropis./BMKG

Bisnis.com, MAKASSAR — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan di Makassar dan sebagian wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) baru akan terjadi sekitar November hingga Desember 2023. Meskipun begitu, adanya fenomena El Nino akan membuat curah hujan tetap rendah.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah IV Makassar Hanafi Hamzah mengatakan jika situasi ini patut diwaspadai dan butuh tindakan lebih lanjut, terutama dalam manajemen air dan pelestarian lingkungan. Pasalnya, dalam 60 hari terakhir wilayah ini sudah tidak diguyur hujan yang dapat memicu penurunan kadar air tanah. Kondisi ini juga membuat risiko kekeringan di Makassar dan sebagian wilayah Sulsel semakin meningkat.

"Biasanya, meskipun musim kemarau, Makassar dan sekitarnya masih tetap turun hujan minimal selama lima hari dalam sebulan. Tetapi pada Agustus lalu, tidak ada hujan sama sekali," ungkap Hamzah, Kamis (7/9/2023).

Kondisi ini, ditambahkannya, disebabkan karena suhu permukaan air laut yang masih tinggi dengan fenomena yang terindikasi dari Nino 34 di wilayah Pasifik dan diproyeksikan akan berlanjut hingga Februari 2024.

BMKG juga melaporkan, di wilayah Makassar dan sekitarnya saat ini masih dalam puncak musim kemarau. Kondisi suhu udaranya berdasarkan pantauan beberapa hari terakhir mencapai 35 derajat celcius, dengan suhu tertinggi terjadi pada pukul 14.00 Wita hingga 16.00 Wita.

"El Nino saat ini menunjukkan kategori moderat dan kami memprediksi pada awal 2024 atau lepas Februari 2024 intensitasnya akan menurun," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler