Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Beri Tegangan Pertama Gardu Induk 150 kV Bantaeng

PLN melakukan energize GI 150 kV Bantaeng Switching Line Bay KTT Unity sebesar 170 MVA
Smelter Nikel Bantaeng - PLN
Smelter Nikel Bantaeng - PLN

Bisnis.com, MAKASSAR - PT PLN (Persero) memberikan tegangan listrik pertama atau energize bagi Gardu Induk (GI) 150 kV Bantaeng Switching Line Bay KTT Unity sebesar 170 Mega Volt Ampere (MVA).

Gardu induk ini akan digunakan melayani kebutuhan listrik perusahaan pemurnian nikel PT Unity Nickel-Alloy Indonesia dari HUADI Group.

General Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Defiar Anis mengatakan, pemberian tegangan pertama ini merupakan upaya pihaknya mewujudkan hilirisasi industri dalam negeri khususnya di Sulawesi. 

Selain itu, Pemberian tegangan GI sebesar 170 MVA adalah salah satu bentuk komitmen PLN dalam menyediakan infrastruktur ketenagalistrikan untuk melayani kebutuhan tenaga listrik pelanggan konsumen tegangan tinggi.

"Kami melalui PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel) melihat besarnya potensi sumber daya mineral di Sulawesi, sehingga kami terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk industri smelter," paparnya, Selasa (5/9/2023).

GI 150 kV Bantaeng Switching sendiri berlokasi di Desa Papanloe, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng. GI ini berhasil energize setelah melewati serangkaian pengujian dan mendapatkan Rekomendasi Layak Bertegangan (RLB) pada tanggal 1 September 2023.

Sementara Direktur Utama PT Huadi Nickel Alloy Indonesia Jos Stefan Hideky mengapresiasi PLN yang telah mendukung industri smelter melalui penyediaan tenaga listrik. Sampai saat ini pasokan listrik yang disalurkan untuk HUADI Group telah mencapai 390 MVA.

"Semoga sinergi ini dapat terus berjalan dengan baik terutama soal keamanan dan kestabilan pasokan listrik PLN sebagai pemasok tunggal di perusahaan kami. Kami harap PLN terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulsel dan hilirisasi mineral sebagai salah satu program pemerintah,” tutur Hideky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler