Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Kapal Periode Lebaran di Pelindo Regional 4 Mencapai 715.256 Orang

Angka ini mengalami kenaikan 17,71 persen dibandingkan musim lalu yang hanya 607.625 orang.
Kesibukan penumpang kapal di Pelabuhan Makassar./Pelindo
Kesibukan penumpang kapal di Pelabuhan Makassar./Pelindo

Bisnis.com, MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mencatat jumlah penumpang kapal yang naik dan turun di seluruh pelabuhan operasinya selama musim Lebaran 2023 atau hingga H+15 mencapai 715.256 orang. Angka ini tercatat mengalami kenaikan 17,71 persen jika dibandingkan musim lalu yang hanya 607.625 orang.

Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis merinci, Pelabuhan Makassar menjadi pelabuhan terbanyak menampung penumpang yang naik dan turun dari kapal, yakni mencapai 106.257 orang. Disusul Pelabuhan Parepare 83.782 orang, kemudian Pelabuhan Ambon 79.596 orang, Pelabuhan Balikpapan 75.271 orang, dan Pelabuhan Ternate sebanyak 65.545 orang.

Angka tersebut juga sekaligus menunjukkan bahwa antusias masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran menggunakan moda transportasi kapal laut tahun ini terbilang cukup tinggi, karena tren pertumbuhannya dikatakan Enriany melebihi yang diestimasi sebelumnya yang hanya 5 persen.

“Estimasi kami tren pertumbuhan arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini hanya diangka 5 persen saja, namun ternyata antusias masyarakat untuk mudik di tahun ini cukup tinggi, bisa melebihi berkali-kali lipat dari estimasi," ungkapnya saat menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 di Pelabuhan Makassar, Selasa (9/5/2023).

Sementara untuk jumlah kunjungan kapal atau call arus kapal di regional ini justru mengalami penurunan. Pada musim Lebaran 2023 jumlah kunjungan kapal tercatat sebanyak 1.079 call, turun 2,44 persen dibanding musil Lebaran tahun sebelumnya yang mencapai 1.106 call.

Arus kapal penumpang terbanyak yaitu di Pelabuhan Manado sebanyak 142 call, lalu Pelabuhan Ternate 116 call, Pelabuhan Kendari 93 call, Pelabuhan Ambon 92 call, dan Pelabuhan Nunukan sebanyak 83 call.

Enriany pun bersyukur karena seluruh stakeholder sudah membantu kelancaran arus mudik dan balik tahun ini dengan sangat baik. Dia juga berterima kasih kepada masyarakat yang sudah menggunakan moda transportasi laut dengan tertib dan selalu mengutamakan kenyamanan dan keamanan masing-masing.

“Apa yang sudah kita capai di tahun ini tentu akan menjadi evaluasi di tahun-tahun yang akan datang. Semoga di tahun depan kegiatan mudik kita semakin tertib dan lancar, sehingga semakin banyak masyarakat yang tertarik menggunakan moda transportasi kapal laut,” tutupnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper