Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panen Padi Mandiri Benih Sulsel, Hasil Pertanian di Bone Meningkat

Hasil panen pada Februari ini mencapai 13,4 ton perhektare,  sementara tahun lalu hanya sekitar 6,97 ton perhektare.
Beberapa petani di Desa Palakka, Kabupaten Bone, Sulsel tengah memanen padi, Kamis (9/3/2023)./Pemprov Sulsel
Beberapa petani di Desa Palakka, Kabupaten Bone, Sulsel tengah memanen padi, Kamis (9/3/2023)./Pemprov Sulsel

Bisnis.com, MAKASSAR - Hasil panen padi para petani di Desa Palakka, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) tercatat meningkat hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) mengklaim hasil tersebut berkat program Mandiri Benih yang tengah digalakkan.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kembali memanen padi hasil program Mandiri Benih pada Kamis (9/3/2023) di desa tersebut. Tahun ini para petani, dikatakannya bisa menghasilkan padi dari benih hasil ubinan 8,4 kg atau jika dikonversi 13,4 ton perhektare. Sementara tahun lalu hanya sekitar 6,97 ton perhektare.

“Alhamdulillah, terjadi peningkatan signifikan hasil panen padi melalui program Mandiri Benih tahun anggaran 2022. Kita turut senang dengan kabar gembira dari petani yang merasakan manfaat peningkatan produksinya,” ujarnya, Kamis (9/3/2023).

Selama 2022 Pemprov Sulsel melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan memang telah menyalurkan bantuan benih padi gratis kepada petani sebanyak 2.511 ton untuk lahan pertanian seluas 100.454 hektare. Program prioritas ini kembali dilanjutkan pada 2023 dengan rencana penyaluran sebanyak 2.500 ton untuk lahan pertanian seluas 100.000 hektare.

“Insya Allah, tahun ini kembali akan kita salurkan bantuan Mandiri Benih padi untuk 100 ribu hektare lahan pertanian se Sulsel. Kita akan terus menyinergikan untuk menjaga ketahanan pangan melalui program ini,” jelasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHBun) Sulsel Imran Jausi mengatakan, Mandiri Benih ini merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul. Benih yang dibagikan ke masyarakat diklaim minim penggunaan bahan kimia.

Penangkaran di Sulsel sendiri dilakukan oleh instalasi kebun benih milik Pemprov kerja sama dengan para petani penangkar. Imran Jausi memaparkan, program ini berguna untuk mendorong peningkatan Produksi tanaman padi di Sulsel

"Kita tengah berupaya memenuhi kebutuhan benih petani dengan melakukan penangkaran sendiri di Instalasi Kebun Benih Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan perkebunan bekerja sama dengan petani penangkar dalam memproduksi benih sebar," tutup Imran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper