Makassar New Port Segera Diresmikan Juli 2023

Progres pembangunannya telah mencapai 93,89 persen. Pembangunan tahap 1A seluas 16 hektare, saat ini pembangunan difokuskan pada tahap 1B dan 1C seluas.
Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/3/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/3/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR — Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menargetkan proyek Makassar New Port (MNP) bisa diresmikan pada Juli 2023 mengingat progres pembangunannya saat ini sudah mencapai 93,89 persen.

"Saya melihat pembangunan MNP sudah 93,89 persen, hampir selesai. Saya optimistis proyek ini akan diresmikan Presiden Jokowi sesuai jadwal pada Juli ini," katanya saat meninjau pembangunan MNP di Makassar, Kamis (26/1/2023).

Saat ini pihaknya memang tengah memantau beberapa proyek strategis secara berkala. Dia secara intens berkomunikasi dengan setiap daerah dengan harapan berbagai masalah yang dihadapi bisa diselesaikan.

Berdasarkan pemetaannya, masih ada 56 proyek strategis yang tengah dikerjakan pemerintah, dua di antaranya berada di Sulawesi Selatan (Sulsel) yaitu MNP dan Kereta Api Makassar - Parepare. Keduanya rencana diresmikan pada tahun ini, namun MNP dianggap lebih memungkinkan karena menunjukkan progres yang cukup baik.

Sementara Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis memaparkan, setelah mengoperasikan pembangunan tahap 1A seluas 16 hektare, saat ini pembangunan difokuskan pada tahap 1B dan 1C seluas 36 hektare. Saat diresmikan, MNP sendiri nantinya akan memiliki kapasitas 2,5 juta TEUs.

Pengadaan suprastruktur di kawasan tersebut juga cukup baik dengan progres mencapai 90 persen dengan relokasi yang telah rampung dan tengah dalam modifikasi serta painting yang mencapai 63,10 persen.

Pengadaan lahan tol MNP juga hampir selesai dengan capaian saat ini 91,58 persen yang meliputi trace utama 100 persen rampung dan tanah sisa sedang dalam tahap finalisasi.

Untuk progres fisik, tengah memasuki tahap pemasangan pondasi perkerasan, pemasangan paving block, pekerjaan balok RTGC, rehandling dan pengerukan kolam putar, pekerjaan revetment, serta pekerjaan drainase. "Kita harap semuanya bisa rampung sesuai tenggat waktu dan peresmian bisa dilaksanakan Juli 2023," tutup Enriany.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler