Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Balai Kota Makassar Bakal Jadi Obyek Wisata, Perombakan Dianggarkan Rp19,9 Milliar

Balai Kota Makassar akan berkonsep sejarah dan budaya dengan pembuatan museum dalam kantor.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 25 Januari 2023  |  19:12 WIB
Balai Kota Makassar Bakal Jadi Obyek Wisata, Perombakan Dianggarkan Rp19,9 Milliar
Gedung Balai Kota Makassar. - Pemkot Makassar
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar bakal menjadikan balai kota sebagai tempat wisata baru. Proses revitalisasi rencananya akan dilakukan Februari 2023 dengan anggaran Rp19,9 milliar.

Kepala Bidang Bangunan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar Hajar Aswad mengatakan kantor wali kota tersebut akan berkonsep sejarah dan budaya dengan pembuatan museum dalam kantor.

"Jadi nanti untuk lantai satu dan dua Kantor Balai Kota Makassar bakal dikembalikan fungsinya sebagai bangunan bersejarah," tutur Hajar, Rabu (25/1/2023).

Ruang kerja wali kota yang berada di lantai dua akan dipindahkan ke dalam tower balai kota, berdekatan dengan ruang kerja wakil wali kota dan sekretaris daerah (Sekda). Sedangkan ruangan beberapa OPD yang mengisi tower balai kota direncanakan akan masuk ke dalam gedung government center (MGC).

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan revitalisasi ini akan mengubah beberapa bentuk interior gedung menjadi lebih tertata, sehingga akan menjadi kawasan wisata baru di Makassar yang bisa diakses oleh masyarakat.

"Wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin mengetahui sejarah dari gedung balai kota dapat melihat-lihat sejumlah pameran sejarah di dalamnya. Ini juga akan mengembalikan fungsi otentik gedung sebagai gedung peninggalan masa Belanda," jelas Danny.

Revitalisasi bangunan ini telah masuk proses lelang dan sudah ada 72 peserta yang tercatat mendaftar. Tahapannya mulai dari evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga yang digelar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar sulsel
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top