Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penumpang Pelabuhan Ambon Meningkat 55 Persen Saat Nataru

Peindo mencatat Nataru kali ini sebanyak 30.461 orang naik kapal melalui Pelabuhan Ambon, sementara tahun sebelumnya hanya 19.684 orang.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 08 Januari 2023  |  19:19 WIB
Penumpang Pelabuhan Ambon Meningkat 55 Persen Saat Nataru
Sejumlah orang hendak menaiki kapal di Pelabuhan Ambon - Pelindo
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 Ambon mencatat jumlah penumpang embarkasi dan debarkasi pada musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) sebanyak 30.461 orang atau mengalami peningkatan sebesar 55 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pada musim libur Nataru 2021-2022, jumlah penumpang kapal yang naik dan turun di Pelabuhan Ambon tercatat hanya sebanyak 19.684 orang.

General Manager Pelindo Regional 4 Ambon I Nengah Suryana Jendra mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi lonjakan penumpang ini dengan melakukan berbagai persiapan antara lain dengan meningkatkan pelayanan, perbaikan fasilitas, dan memperketat pengamanan.

Termasuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Pelabuhan Ambon, yakni tim dari Kementerian Perhubungan, Lantamal IX Ambon, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Dinas Perhubungan Kota Ambon, dan Pelni, khususnya terkait kesiapan sarana dan fasilitas menjelang Nataru 2023.

Nengah menyampaikan bahwa semua yang dilakukan pihaknya sebagai wujud pelayanan excellent yang diberikan kepada masyarakat umum, utamanya para pengguna moda transportasi kapal laut.

"Peningkatan pelayanan tidak terbatas pada pelayanan publik saja tetapi juga peningkatan pelayanan distribusi logistik ke Kota Ambon dan sekitarnya melalui kontainerisasi yang diharapkan akan berakibat pada penghematan biaya logistik dan waktu pengiriman serta ekspor hasil perikanan, pertanian, dan kehutanan," tutur I Nengah Suryana Jendra, Minggu (8/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iv ambon Natal dan Tahun Baru
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top