Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bandara Arung Palakka Bone Akan Beroperasi Kembali Desember 2022

Rute yang akan dilayani mulai dari Makassar-Bone (PP), Bone-Kendari (PP), dan Bone-Balikpapan (PP).
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 28 November 2022  |  17:15 WIB
Bandara Arung Palakka Bone Akan Beroperasi Kembali Desember 2022
Pesawat perintis Susi Air melakukan penerbangan perdana di Kaltara. - Bisnis.com/Eldwin Sangga
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR — Bandara Arung Palakka di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan kembali beroperasi dan maskapai Susi Air berencana membuka tiga rute penerbangan dari bandara ini.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pengoperasian kembali bandara itu dilakukan setelah Pemprov Sulsel memberikan subsidi tiket sebesar Rp2,5 miliar.

“Jadi ini kan arahan Pak Presiden dan Pak Menteri. Tolong diaktifkan bandaranya, karena sudah dianggarkan. Arahan Bapak Presiden itu kita tindak lanjuti dengan subsidi,” ungkapnya, Senin (28/11/2022).

Tiga rute yang akan dilayani mulai dari Makassar-Bone (PP) 5 kali seminggu dengan harga tiket Rp300.000, Bone-Kendari (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp550.000, dan Bone-Balikpapan (PP) 2 kali seminggu dengan harga tiket Rp1.100.000.

Rencananya, penerbangan perdana akan mulai dilakukan pada 1 Desember 2022 mendatang.

Wakil Bupati Bone Ambo Dalle mengapresiasi langkah pemerintah provinsi untuk membuka kembali penerbangan di wilayahnya. Bandara Arung Palaka ini sebenarnya sudah cukup lama tidak beroperasi sejak 2017 lalu karena adanya beberapa kendala.

Dibukanya kembali bandara diharapkan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Bone. Selain itu dibukanya jalur udara terutama ke Makassar diproyeksi akan mengurai kemacetan yang sering terjadi di jalur darat.

"Kami tentu mengapresiasi langkah pemprov, dengan dukungan Pemprov Sulsel, kita mendapatkan subsidi dalam rangka mengaktifkan bandara kembali. Dengan adanya penerbangan ini maka akan membuka rute baru dan akan mengurangi kemacetan," tutup Ambo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan perintis susi air sulsel
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top