Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Anggarkan Rp64 Miliar untuk Pengembangan Pertanian Sinjai

Ia mengungkapkan anggaran disiapkan untuk daerah irigasi Lamore, Sinjai yang akan melayani 200 hektare sawah
Pembangunan Bendungan Karolloe di Sulawesi Selatan. /Kementerian PUPR
Pembangunan Bendungan Karolloe di Sulawesi Selatan. /Kementerian PUPR

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mempersiapkan bantuan keuangan daerah sekitar Rp64 miliar untuk mendorong peningkatan pembangunan pertanian di Kabupaten Sinjai.

Gubernur Sulsel M. Nurdin Abdullah memastikan pemerintahannya hadir untuk membangun setiap daerah di Sulsel, khususnya di Kabupaten Sinjai, sebagai salah satu penyangga pangan nasional.

Ia mengungkapkan anggaran disiapkan untuk daerah irigasi Lamore, Sinjai yang akan melayani 200 hektare sawah dan bisa menjadi air baku untuk air minum masyarakat. Untuk pembangunan daerah irigasi ini akan diberikan dana Rp25 miliar.

"Yang pasti Rp39 miliar menuju Sinjai Barat dan Rp25 miliar untuk daerah irigasi Lamore yang ada di Kecamatan Bulupoddo," katanya dikutip dari Antara, Jumat (8/1/2021).

Pada 2019, Pemprov Sulsel juga telah menyerahkan anggaran Rp40 miliar dan pada 2020 memberikan Rp20 miliar, khusus untuk Kabupaten Sinjai.

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dalam pemaparan tentang realisasi bantuan keuangan daerah pada 2020 sebesar Rp20 miliar, menyampaikan anggaran tersebut untuk pembangunan Islamic Centre senilai Rp19,4 miliar, pembangunan tambatan perahu, dan sosialisasi gizi seimbang dan ibu hamil untuk pencegahan kekerdilan.

Dalam hal pengembangan potensi wisata Hutan Mangrove Tongke-tongke, kata dia, masih membutuhkan sarana dan prasarana dengan kebutuhan dana senilai Rp50 miliar.

"Sementara pada bidang sumber daya air, pembangunan bendungan di Kecamatan Bulupoddo bisa menciptakan jaringan irigasi dan sumber air di daerah Bulupoddo," katanya.

Ia juga menyebutkan daerah setempat saat ini masih membutuhkan anggaran penyelesaian fisik menara dan landskap Gedung Islamic Centre Sinjai senilai Rp12 miliar.

Pihaknya juga meminta Pemprov Sulsel membantu pembangunan bendungan Lamore agar petani memperoleh jaringan irigasi untuk sawah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper