Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengaman Pantai Atinggola Selesai Dibangun

Konstruksi pembangunan pengaman pantai ini memiliki panjang 700 meter dengan pemecah ombak sepanjang 140 meter.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  09:57 WIB
Ilustrasi: Sejumlah wisatawan berenang bersama seekor Hiu Paus di perairan Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (21/4/2019)./ANTARA FOTO/Dian Bawenti/Aws -
Ilustrasi: Sejumlah wisatawan berenang bersama seekor Hiu Paus di perairan Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (21/4/2019)./ANTARA FOTO/Dian Bawenti/Aws -

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan pengaman pantai tembok laut Atinggola dengan total panjang 700 meter di Dusun Malagoso, Provinsi Gorontalo.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa daerah ini merupakan salah satu wilayah penghasil ikan dan garam di Kabupaten Gorontalo Utara.

“Pengaman pantai ini akan melindungi pantai dari resiko abrasi dan erosi akibat terjangan ombak. Ini akan melestarikan vegetasi dan kawasan permukiman nelayan di sekitar pantai," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (31/12/2020).

Pembangunan pengaman pantai Atinggola dikerjakan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Gorontalo bertujuan untuk menahan abrasi dari terjangan gelombang pantai yang terus menggerus permukiman warga serta fasilitas umum di Dusun Malagoso yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Naswardi mengatakan bahwa konstruksi pembangunan pengaman pantai ini memiliki panjang 700 meter dengan pemecah ombak sepanjang 140 meter.

Konstruksinya mulai dikerjakan pada 2019 hingga 2020 dengan anggaran sebesar Rp9,6 miliar.

Pembangunan pengaman pantai ini menjadi spot wisata baru di Kabupaten Gorontalo Utara karena dibangun dengan memperhatikan unsur estetika yang sangat indah sehingga akan menjadi salah satu tempat wisata di Gorontalo Utara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pantai gorontalo
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top