Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Gencarkan Sosialisasi Pergub Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat menyatakan sosialisasi tersebut penting dilakukan sebab saat ini pandemi Covid-19 masih terus menghantui.
Tata cara memakai masker baik dan benar/ Freepik
Tata cara memakai masker baik dan benar/ Freepik

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus menggencarkan sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 60/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam upaya pengendalian Covid-19.

Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat menyatakan sosialisasi tersebut penting dilakukan sebab saat ini pandemi Covid-19 masih terus menghantui. Belum ada yang mampu memprediksi kapan pandemi ini berakhir, karenanya menurut Abdul Hayat edukasi perlu dilakukan pada seluruh komponen.

"Peraturan ini juga memberikan perlindungan kepada masyarakat. Apa yang ada, rambu-rambu dalam Pergub itu yang segera kita sampaikan kepada lingkungan kita, ke lingkungan masyarakat," jelas Abdul Hayat, Kamis (26/11/2020).

Ia menjelaskan, edukasi yang diberikan bisa diawali kepada komponen yang paling dekat yaitu keluarga. Abdul Hayat mengajukan konsep pedekatan biopsychosocial model. Yang mana menurut Abdul Hayat, pendekatan ini lebih menyentuh pada kesehatan fisik dan jiwa.

Kasubag Program Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel Warham A Yusni menerangkan sosialisasi yang dilakukan mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4/2020 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Peraturan Daerah Dalam Rangka Penerapan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan.

"Ini mengamanahkan bahwa gubernur, bupati dan wali kota untuk menetapkan peraturan kepala daerah terkait protokol kesehatan dalam mengendalikan kasus Covid-19," terang Yusni.

Sosialisasi kata dia, diharap mampu menjadikan Pergub tersebut agar berjalan lebih efektif. Serta fungsi koordinasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam melakukan mitigasi bencana non-alam Covid-19 di wilayah Sulsel. (k36)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler