Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kedai Filosofi Kopi Hadir di Makassar, Pertama di Luar Jawa

Market kedai kopi di Makassar sampai saat ini masih menjanjikan. Kendati sempat terhalang pandemi Covid-19.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 20 November 2020  |  08:33 WIB
Kedai Filosofi Kopi Makassar - Andini Ristyaningrum
Kedai Filosofi Kopi Makassar - Andini Ristyaningrum

Bisnis.com, MAKASSAR - Filosofi Kopi membuka kedai baru baru di Makassar. Kedai keempat setelah pertama kali dibuka di Jakarta, lalu Semarang dan Yogyakarta ini merupakan kedai pertama di luar Pulau Jawa.

CEO dari PT Filosofi Kopi Mandiri Rio Dewanto menyatakan Kota Makassar memiliki jejak sejarah sendiri bagi tim Filosofi Kopi. Apalagi, kedai yang berawal dari kisah dalam novel yang diangkat menjadi film ini pernah memilih Sulawesi Selatan sebagai lokasi syuting pada film Filosofi Kopi 2.

"Bagi kami Makassar memang punya sejarahnya sendiri. Ini pertama kalinya Filosofi Kopi buka cabang diluar pulau Jawa," kata Rio Dewanto, dalam virtual tour yang digelar melalui zoom meeting, Kamis (19/11/2020).

Melihat antusiasme masyarakat dari daerah Timur termasuk Makassar untuk menikmati kopi itu cukup besar, membuat Rio dan tim tidak berpikir panjang untuk membuka kedai keempat di Kota Daeng. Menurutnya, kenikmatan kopi sepatutnya bisa dirasakan oleh banyak orang.

Di sisi lain, Rio menilai market atau pasar kedai kopi di Makassar sampai saat ini masih menjanjikan. Kendati sempat terhalang pandemi Covid-19, namun pembukaan kedai Filosofi Kopi di Makassar harus tetap berjalan sesuai rencana yang dilakukan.

"Kita sebenarnya sudah buka sejak Maret lalu. Tapi, karena sudah ada pemberlakukan PSBB di Jakarta, rencana grand opening kami undur. Tapi, kedainya memang sudah dibuka untuk pengunjung," jelas Rio.

Pemeran Jody dalam film Filosofi Kopi ini mengatakan ia bersama tim sudah menyiapkan strategi di tengah keterbatasan dengan adanya pandemi Covid-19. Promosi dan produk Filosofi Kopi menjadi strategi pasar yang mereka bangun untuk kedai yang terletak di Jalan Syarif Al Qadri 33/34 ini.

Chief Learning and Development Officer Chicco Jerikho yang juga hadir pada tour virtual mengatakan pemilihan lokasi kedai Filosofi Kopi memiliki cerita tersendiri. Bangunan bergaya khas tempo dulu memang menjadi sasaran timnya untuk pembukaan kedai di Makassar.

"Jadi akhirnya, kita dapat bangunan yang dulunya toko kelontong dan dibangun sejak 1920-an. Menarik dan antik banget pokoknya," kata Chicco.

Kedai Filosofi Kopi sendiri terdiri dari lantai dengan konsep interior klasik modern dan open space. Konsep ini kata Chicco menjadikan kedai Filosofi Kopi Makassar terasa sangat luas. Penempatan bar di tengah lantai satu, memusatkan proses pembuatan kopi sebagai inti dari keseluruhan ruang.

Selain itu, pengunjung dapat secara langsung melihat koleksi Filosofi Kopi Apparel juga di lokasi yang sama, yang tentu bisa juga diakses online di www.filosofikopi.id dan e-commerce.Di lantai dua, pengunjung bisa leluasa memilih tempat duduk, dari meja panjang sampai meja kecil serta balkon.

"Jangan lupa duduknya berjarak sesuai yang sudah kita atur ya. Jangan digeser-geser karena sudah diatur sesuai himbauan pemerintah. Semua wajib pakai masker juga," jelas pemeran Ben dalam film Filosofi Kopi ini.

Di masa pandemi Covid-19, kedai Filosofi Kopi Makassar tetap buka melayani dine in, take away dan pemesanan melalui ojek daring setiap Senin-Jumat pukul 13.00-21.00 Wita dan Sabtu-Minggu 11.00-23.00 Wita. Kedai ini juga menjamin penerapan protokol kesehatan dalam melayani pelanggan. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

filosofi kopi
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top