Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sulsel Dorong Produktivitas UMKM Pasarkan APD

Di sisi lain, UMKM yang didorong dalam pembuatan masker ini juga untuk mendukung imbauan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan 3M.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  07:54 WIB
Pedagang masker - Antara
Pedagang masker - Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah sektor terdampak mesti bekerja keras untuk bangkit kembali. Termasuk bagi sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sektor yang juga turut dihantam pandemi ini harus kembali kokoh guna meneguhkan kembali perekonomian daerah.


Di Sulsel sendiri, sebagai ikhtiar mendorong produktivitas UMKM, pemerintah provinsi secara masif melakukan pendampingan dan pembimbingan terhadap pelaku UMKM. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel Abdul Malik Faisal menyatakan, pihaknya saat ini membuka potensi baru untuk memberdayakan para pelaku UMKM terdampak.

"Misalnya saja pelaku UMKM yang pasarnya mulai berkurang. Kami dorong mereka untuk beralih menjadi usaha konveksi, ini namanya shifting. Jadi mereka membuat produk alat pelindung diri (APD) berupa masker, baju hazmat, dan perlengkapan lainnya," ungkap Malik, (22/10/20).

Untuk itu, Dinas Koperasi dan UMKM membuat pendampingan khsusus dalam proses produksinya termasuk dalam upaya pembukaan pasar. Dari pendampingan UMKM shifting tersebut sudah ada 500 unit baju hazmat yang didistribusikan ke sejumlah rumah sakit di Sulsel yang menangani pasien Covid-19.

Selain itu lanjut Malik, produk masker yang dibuat juga telah dipasarkan melalui toko ritel dan pasar tradisional di sejumlah daerah di Sulsel. Selain untuk mendorong produktivitas UMKM tersebut, program ini juga meneruskan arahan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah untuk memprioritaskan pemasaran produk lokal.

"Ini juga merupakan bentuk dukungan kami pada pelaku UMKM. Sebab tidak ada yang tahu kapan pandemi ini selesai," kata Malik.

Di sisi lain, UMKM yang didorong dalam pembuatan masker ini juga untuk mendukung imbauan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan 3M. Yang mana menurut Malik, memakai masker saat ini seolah sudah menjadi kebutuhan pokok dalam beraktivitas setiap hari. (K36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top