Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Masyarakat Pulau di Pangkep Kini Nikmati BBM dengan Harga Terjangkau

Penndirian lembaga penyalur di dua lokasi ini bisa mempermudah masyarakat dalam memperoleh BBM dengan harga terjangkau.
Sitti Hamdana R
Sitti Hamdana R - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  20:02 WIB
SPBU satu harga di Pangkep - Istimewa
SPBU satu harga di Pangkep - Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Sebagai upaya mewujudkan pemerataan dan keadilan energy di seluruh pelosok negeri, PT. Pertamina (Persero) membuka dua titik stasiun penyalur BBM satu harga di Kabupaten Pangkep.

Hal ini berarti sudah ada tiga lembaga penyalur BBM 1 Harga yang diresmikan oleh Pertamina di Sulawesi tahun 2020, satu unit sebelumnya berlokasi di Sulawesi Tengah.

Kedua lokasi lembaga penyalur baru tersebut terletak di Pulau Kalu-kalukuang, Kecamatan Liukang Kalmas (SPBU 76.906.03) dan di Pulau Kapoposang, Kecamatan Liukang Tupabbiring (SPBU U6.906.04).

Unit Manager Comm, Rel, & CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali berharap pendirian lembaga penyalur di dua lokasi ini bisa mempermudah masyarakat dalam memperoleh BBM dengan harga terjangkau.

Pasalnya selama ini, masyarakat Pulau Kalukuang dan Pulau Kapoposang mendapatkan BBM jenis Premium dan Solar dari pengecer dengan harga Rp 10.000/liter dan Rp 12.000/liter. Jarak ke lembaga penyalur resmi Pertamina mencapai 200 km.

"Namun kini masyarakat sudah bisa membeli BBM dengan harga yang sama dengan SPBU terdekat," terang Laode, Kamis (22/10/2020).

Sementara itu Bupati Pangkep, H. Syamsuddin A. Hamid, menyambut baik dengan kehadiran SPBU di kedua pulau ini.

"Kami mengapresi Pertamina dan BPH Migas karena telah mengawal proses pendirian SPBU ini hingga terealisasi. Kami berharap keberadaan SPBU ini bisa membantu menggerakkan perekonomian masyarakat lebih maju lagi," ungkapnya.

BBM 1 Harga merupakan kebijakan yang dicanangkan Pemerintah dalam menyeragamkan harga jual resmi BBM jenis Premium dan Solar. Penugasan ini diberikan kepada Pertamina untuk menyalurkan BBM ke daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) melalui pembangunan lembaga penyalur dan mengatur penyalurannya baik melalui darat, laut maupun udara. Sehingga masyarakat 3T dapat menikmati BBM dengan harga yang sama.

Pertamina sendiri menargetkan akan ada 6 titik SPBU BBM 1 Harga lagi yang akan dioperasikan di tahun 2020 ini. Lokasinya tersebar di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Sedangkan sebelumnya, tepatnya di tahun 2018 dan 2019, Pertamina telah meresmikan 18 SPBU BBM 1 Harga di 5 provinsi yang berbeda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top