Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Proyeksi Hipmi Terhadap Ekonomi Sulsel Kuartal III

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) meyakini ekonomi Sulsel pada kuartal III/2020 akan membaik seiring dengan aktivitas bisnis yang perlahan berjalan normal.
Wahyu Susanto
Wahyu Susanto - Bisnis.com 07 Oktober 2020  |  15:02 WIB
Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/3/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Kapal kargo bersandar di dermaga Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (25/3/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) meyakini ekonomi Sulsel pada kuartal III/2020 akan membaik seiring dengan aktivitas bisnis yang perlahan berjalan normal.

Ketua HIPMI Sulsel Andi Rahmat Manggabarani mengatakan perbaikan perekonomian tercermin dari sector konstruksi yang mulai bergairah di Sulsel. Bangkitnya sector tersebut akan mendongkrak investasi ke sector bangunan dan infrastruktur.

“Pembangunan di Sulsel mulai bergulir, ini mengindikasikan adanya pergerakan bisnis, tentunya akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan perekonomian di daerah kita,” ujar Rahmat Manggabarani kepada Bisnis, Rabu (7/10/2020).

Adanya pandemi Covid-19 menjadi faktor utama ekonomi Sulsel terjun bebas. Apalagi sejak dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa bulan lalu.

Pada kuartal I tahun 2020 saja, pertumbuhan ekonomi Sulsel hanya berada dikisaran 3,07 persen. Sementara di kuartal II tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Sulsel minus 3,87 persen year on year.

Sulsel sendiri menargetkan pertumbuhan ekonomi di kuartal III sebesar 4,5 persen ditopang oleh sector jasa konstruksi.

"Perlahan tapi pasti, sektor-sektor lain yang menopang seperti perhotelan, pariwisata, transportasi hingga UMKM mulai berjalan berdasarkan trend ekonomi Sulsel di kuartal II. Kita lihat sudah banyak orang yang datang ke hotel, pariwisata hingga UMKM kembali berjalan," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top