Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BNI Wilayah Makassar Maksimalkan Penyaluran KUR di Sektor Pertanian

Anggaran yang disiapkan BNI Wilayah Makassar yakni sebesar Rp900 miliar. Yang mana bantuan modal bisa diterima petani dan UMKM, mulai dari Rp2 juta hingga Rp1 miliar.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 04 September 2020  |  19:29 WIB
Karyawati menunjukan Uang Rupiah dan Dollar AS di salah satu kantor cabang Bank BNI di Jakarta, Kamis (3/9/2020).  - Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawati menunjukan Uang Rupiah dan Dollar AS di salah satu kantor cabang Bank BNI di Jakarta, Kamis (3/9/2020). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, MAKASSAR - PT BNI Wilayah Makassar terus memaksimalkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk sektor pertanian di wilayah kerjanya guna mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Pemimpin BNI Wilayah Makassar Hadi Santoso menjelaskan akselerasi penyaluran KUR sebagai penguatan ekonomi untuk sektor pertanian yang dimulai dari hulunya. Di antaranya, petani yang menanam, hingga pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di sektor pertanian.

Sebagai langkah awal dalam memaksimalkan program ini, BNI Wilayah Makassar melakukan penandatangan MoU bersama Pemerintah Provinsi Sulsel. Yang mana perjanjian kerja sama ini didorong untuk menjadi payung hukum dalam merealisasikan program tersebut.

"Setelah ini, BNI akan follow up dengan perjanjian kerja sama (PKS) di dinas terkait untuk menyalurkan kreditnya langsung ke petani dan UMKM di sektor yang sama. Misalnya, toko mitra petani" jelas Hadi, Jumat (4/9/2020).

Secara total, anggaran yang disiapkan BNI Wilayah Makassar yakni sebesar Rp900 miliar. Yang mana bantuan modal bisa diterima petani dan UMKM, mulai dari Rp2 juta hingga Rp1 miliar. Tergantung besaran modal yang dibutuhkan petani.

Sementara itu Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyatakan kerja sama tersebut menjadi sangat penting apalagi berkaitan dengan pemulihan ekonomi masyarakat dan peninggian kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Sebanyak apapun kekayaan alam kita tanpa didukung oleh SDM kita, maka tidak akan mendapatkan efek," ungkapnya.

Nurdin mengakui, tak sedikit petani yang masih menjerit akibat kesulitan dalam hal permodalan. Menurutnya, salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan para petani dan pelaku usaha kecil dan menengah yakni dengan memberikan bantuan modal dan menyediakan pasar. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni makassar sulsel
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top