Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyaluran Uang di Sulawesi Tenggara Terealisasi 46,8 Persen dari Alokasi

Rendahnya tingkat penyerapan uang kertal tersebut mengindikasikan terjadi penurunan daya beli masyarakat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Mei 2020  |  09:50 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, KENDARI - Selama bulan puasa Ramadan hingga menghadapi Idul Fitri 2020, Bank Indonesia Sulawesi Tenggara menyiapkan uang kartal sebesar Rp1,47 triliun untuk kebutuhan masyarakat di Sultra.

Dari jumlah dana tersebut, hingga minggu keempat Ramadan, yang sudah tersalurkan sebesar Rp686 miliar atau realisasi penyerapannya baru sekitar 46,8 persen, kata Ketua Tim Adversory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah di Kendari, Kamis (21/5/2020).

Ia mengatakan, anggaran sebesar itu mengalami peningkatan dibanding dengan tahun sebelumnya yang hanya Rp1,4 miliar.

Bank Indonesia, kata Surya Alamsyah, juga sebelumnya telah memprediksi kebutuhan uang tunai masyarakat di Sultra yang ada 17 kabupaten kota yang akan dimanfaatkan untuk keperluan selama bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri bakal melonjak, sehingga disiapkan lebih.

Kebutuhan anggaran sebesar itu, juga sudah termasuk untuk pengisian sejumlah kebutuhan ATM-ATM yang tersebar di 17 kabupaten kota di Sultra.

"yang pasti bahwa dari besaran anggaran yang disiapkan selama puasa hingga menjelang lebaran ini, penyerapan belum mencapai 50 persen," ujarnya.

Rendahnya tingkat penyerapan uang kertal tersebut, lanjutnya, Bank Indonesia mengindikasikan bahwa terjadi penurunan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang tentu akan mempengaruhi perekonomian di daerah.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu kuatir, sebab bila terjadi kekurangan dana maka Bank Indonesia perwakilan Sultra tetap akan meminta tambahan dari Makassar sebagai kantor wilayah BI untuk wilayah Sulawesi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sultra daya beli

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top