Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran Uang di Sulawesi Tenggara Terealisasi 46,8 Persen dari Alokasi

Rendahnya tingkat penyerapan uang kertal tersebut mengindikasikan terjadi penurunan daya beli masyarakat.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, KENDARI - Selama bulan puasa Ramadan hingga menghadapi Idul Fitri 2020, Bank Indonesia Sulawesi Tenggara menyiapkan uang kartal sebesar Rp1,47 triliun untuk kebutuhan masyarakat di Sultra.

Dari jumlah dana tersebut, hingga minggu keempat Ramadan, yang sudah tersalurkan sebesar Rp686 miliar atau realisasi penyerapannya baru sekitar 46,8 persen, kata Ketua Tim Adversory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, Surya Alamsyah di Kendari, Kamis (21/5/2020).

Ia mengatakan, anggaran sebesar itu mengalami peningkatan dibanding dengan tahun sebelumnya yang hanya Rp1,4 miliar.

Bank Indonesia, kata Surya Alamsyah, juga sebelumnya telah memprediksi kebutuhan uang tunai masyarakat di Sultra yang ada 17 kabupaten kota yang akan dimanfaatkan untuk keperluan selama bulan Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri bakal melonjak, sehingga disiapkan lebih.

Kebutuhan anggaran sebesar itu, juga sudah termasuk untuk pengisian sejumlah kebutuhan ATM-ATM yang tersebar di 17 kabupaten kota di Sultra.

"yang pasti bahwa dari besaran anggaran yang disiapkan selama puasa hingga menjelang lebaran ini, penyerapan belum mencapai 50 persen," ujarnya.

Rendahnya tingkat penyerapan uang kertal tersebut, lanjutnya, Bank Indonesia mengindikasikan bahwa terjadi penurunan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang tentu akan mempengaruhi perekonomian di daerah.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu kuatir, sebab bila terjadi kekurangan dana maka Bank Indonesia perwakilan Sultra tetap akan meminta tambahan dari Makassar sebagai kantor wilayah BI untuk wilayah Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler