Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pergerakan Harga di Akhir April Picu Inflasi Sulsel

Pengeluaran untuk kesehatan termasuk pembelian vitamin salah satu penyumbang inflasi Sulsel.
Pedagang obat menunggu pembeli./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Pedagang obat menunggu pembeli./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, MAKASSAR - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat inflasi di Sulsel pada April 2020 sebesar 0,42% dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 104,71.

Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah mengatakan inflasi tersebut dipicu oleh kenaikan harga memasuki bulan Ramadan yang jatuh tepat di akhir April 2020.

"Tak bisa dipungkiri, kebutuhan masyarakat memang cukup meningkat menjelang Ramadan. Di awal April harga bahan pokok masih terkendali. Di akhir April kenaikan mulai terjadi cukup signifikan," ungkap Yos dalam video konferensi, Senin (4/5/2020).

Kendati sudah adanya pembatasan pergerakan selama pandemi virus Corona atau Covid-19 di Sulsel sejak Maret lalu, Yos menyebut hal itu tak membuat masyarakat untuk tidak melengkapi kebutuhan pangannya.

Menurut Yos, kemudahan informasi teknologi sangat dimanfaatkan masyarakat, utamanya dalam berbelanja secara daring.

Selain itu, inflasi yang terjadi pada April 2020 kata Yos, juga dipicu oleh kenaikan harga pada kelompok pengeluaran. Kelompok makanan minuman, minuman, dan tembakau memiliki andil sebesar 0,27 persen dalam memicu inflasi Sulsel.

Kenaikan harga terjadi tercatat pada sejumlah komoditas yakni cabe rawit, gula pasir, telur ayam ras, dan sayur kangkung.

Selanjutnya kelompok pengeluaran perawatan pribadi dan jasa lainnya dengan andil sebesar 0,13 persen. Peningkatan ini kata Yos terjadi secara signifikan dengan adanya kenaikan harga pada komoditas emas perhiasan. BPS mencatat pada April 2020, permintaan untuk emas perhiasan terjadi cukup tinggi.

"Selanjutnya kelompok pengeluaran kesehatan dengan andil sebesar 0,049 persen. Terjadi kenaikan harga pada komoditas obat-obat jenis vitamin. Baru kali ini harga vitamin agak menonjol karena masyarakat memang membutuhkan vitamin untuk tetap menjaga imunitas di tengah wabah Covid-19 ini," terang Yos.

BPS mencatat inflasi juga terjadi di empat daerah IHK di Sulsel yakni Kota Makassar dengan inflasi sebesar 0,48 persen, Kota Palopo sebesar 0,34 persen, Kabupaten Bulukumba 0,30 persen, dan Kabupaten Bone sebesar 0,21 persen. Sementara satu saerah IHK lainnya mengalami deflasi yaitu Kota Parepare sebesar 0,14 persen.

Kondisi ini diharap tidak berlangsung lama, apalagi pada Maret 2020 Sulsel mengalami deflasi sebesar 0,10 persen. Yos berharap, pada bulan-bulan berikutnya harga pangan tidak mengalami gejolak sehingga inflasi bisa terkendali dan perekonomian kembali stabil.

"Kalaupun ada kenaikan kita harap itu tidak drastis. Semoga semua bisa tetap stabil," kata Yos. (k36)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler