Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank SulutGo, Pemkab Bolmut, Raewaya Group Kolaborasi Kuatkan Petani

Tiga entitas meneken perjanjian kerja sama untuk pola kemitraan peningkatan produktivitas dan pemasaran jagung di wilayah Bolaang Mongondow Utara.
Ilustrasi./Antara-Adeng Bustomi
Ilustrasi./Antara-Adeng Bustomi

Bisnis.com,  MANADO — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Bank SulutGo, dan Raewaya Group melalui Koperasi Tuama Raewaya meneken perjanjian kerja sama untuk pola kemitraan peningkatan produktivitas dan pemasaran jagung di wilayah Bolaang Mongondow Utara.

Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry A.M. Dendeng mengatakan perjanjian kerja sama (PKS) bertujuan meningkatkan perekonomian rakyat, khususnya para petani. Hal itu dilakukan lewat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Jeffry mengharapkan penyaluran KUR dapat tepat sasaran melalui PKS yang telah ditandatangani. Dengan demikian, manfaat dapat dirasakan oleh petani yang meningkat kesejahteraannya.

“Diharapkan dukungan ini akan mendorong peningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani melalui pembiayaan KUR,” jelasnya dalam siaran pers, Rabu (29/1/2020).

Sementara itu, Pemilik Raewaya Group Joune Ganda mengungkapkan kerja sama dengan Bank SulutGo dalam penyaluran KUR merupakan dukungan perseroan terhadap program strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan perbankan di bidang pertanian. Pihaknya berharap petani di wilayah itu dapat memanfaatkan paket KUR.

“Kerja sama ini merupakan komitmen dan keikutsertaan Raewaya Group dalam mendukung dan menyukseskan pembangunan ekonomi kerakyatan yang menjadi program unggulan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara (Sulutgomalut) Slamet Wibowo mengatakan plafon KUR secara nasional senilai Rp190 triliun pada 2020. Artinya, terjadi kenaikan 35,7% dibandingkan dengan Rp140 triliun tahun ini.

Dengan kenaikan plafon, Slamet menekankan agar perbankan, khususnya di wilayah Sulutgomalut, melakukan perubahan strategi. Tujuannya, agar target penyaluran KUR dapat terserap sepenuhnya di masyarakat pada tahun depan.

Dia mengatakan pola yang didorong untuk penyaluran KUR yakni berkelompok atau klaster. Dengan skema itu, menurutnya proses penyaluran penyerapan kepada masyarakat akan menjadi lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler