Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bupati Indah Minta Anak-anak Tidak Boleh Dipaksa Calistung

TK Bina Insan Desa Sadar Kecamatan Bone-bone diresmikan langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Selasa (24/12) kemarin.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 26 Desember 2019  |  14:00 WIB

Bisnis.com, LUWU UTARA -- TK Bina Insan Desa Sadar Kecamatan Bone-bone diresmikan langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Selasa (24/12) kemarin.

Peresmian dan kehadiran TK tersebut, menurut Indah menjadi kesyukuran tersendiri mengingat komitmen pemerintah bahwa anak-anak harus mengenyam pendidikan TK/sederajat sebelum menempuh Sekolah Dasar.

"Menjadi komitmen pemerintah bahwa ke depan tidak ada lagi anak-anak kita yang langsung mengenyam pendidikan Sekolah Dasar jika tidak menempuh pendidikan TK/sederajat terlebih dahulu sebab biasanya semangat bersekolah di TK lebih baik karena mereka sudah belajar berinteraksi sejak dini," kata Ibu dari Zara dan Naura ini.

Di hadapan guru dan orang tua siswa juga segenap undangan yang hadir, bupati perempuan yang merupakan mantan Dosen Universitas Indonesia, juga
mengingatkan kembali agar anak-anak yang mengenyam pendidikan PAUD/TK untukk tidak dipaksakan bisa calistung, cukup diperkenalkan.

Fokus pada pembentukan karakter, pendidikan budi pekerti, seperti kejujuran, keadilan, sopan santun, menghargai yang berbeda dengannya.

"Para orang tua tidak perlu khawatir, rangking bukan prasyarat untuk sukses jadi anak-anak tidak boleh dipaksakan untuk bisa calistung sebab yang lebih penting adalah mengajarkan tentang etika/adab. Orang berilmu belum tentu beretika/beradab, tapi orang yang mengerti tentang etika dan terbentuk karakternya biasanya lebih gampang menyerap ilmu," terang Indah.

Dengan hadirnya TK di Desa Sadar tersebut, Indah juga menitip pesan untuk memastikan anak-anak tetap melanjutkan pendidikan hingga SMA (wajib belajar 12 tahun).

"Sekolah bukan sekadar bangunan fisik tapi sesungguhnya ada pesan yang ingin disampaikan Negara melalui bangunan ini yakni menjadi kewajiban kita untuk mendidik anak sejak dini dan membentuk karakter mereka menjadi SDM yang unggul. Saya apresiasi dan saya titip bangunan untuk tetap dipelihara dan saya juga titip pada pemerintah kecamatan untuk memperhatikan guru-gurunya. Saya titip anak-anak pastikan tetap bersekolah minimal sampai SMA, tapi saya berharap bisa dikuliahkan," harap bupati penerima Penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) kategori Best In Public Communication dari SINDO ini. (R)

Sebelumnya, di desa yang sama, Bupati Indah juga meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Iman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

luwu utara
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top