Bupati Indah Minta Anak-anak Tidak Boleh Dipaksa Calistung

TK Bina Insan Desa Sadar Kecamatan Bone-bone diresmikan langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Selasa (24/12) kemarin.

Bisnis.com, LUWU UTARA -- TK Bina Insan Desa Sadar Kecamatan Bone-bone diresmikan langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Selasa (24/12) kemarin.

Peresmian dan kehadiran TK tersebut, menurut Indah menjadi kesyukuran tersendiri mengingat komitmen pemerintah bahwa anak-anak harus mengenyam pendidikan TK/sederajat sebelum menempuh Sekolah Dasar.

"Menjadi komitmen pemerintah bahwa ke depan tidak ada lagi anak-anak kita yang langsung mengenyam pendidikan Sekolah Dasar jika tidak menempuh pendidikan TK/sederajat terlebih dahulu sebab biasanya semangat bersekolah di TK lebih baik karena mereka sudah belajar berinteraksi sejak dini," kata Ibu dari Zara dan Naura ini.

Di hadapan guru dan orang tua siswa juga segenap undangan yang hadir, bupati perempuan yang merupakan mantan Dosen Universitas Indonesia, juga
mengingatkan kembali agar anak-anak yang mengenyam pendidikan PAUD/TK untukk tidak dipaksakan bisa calistung, cukup diperkenalkan.

Fokus pada pembentukan karakter, pendidikan budi pekerti, seperti kejujuran, keadilan, sopan santun, menghargai yang berbeda dengannya.

"Para orang tua tidak perlu khawatir, rangking bukan prasyarat untuk sukses jadi anak-anak tidak boleh dipaksakan untuk bisa calistung sebab yang lebih penting adalah mengajarkan tentang etika/adab. Orang berilmu belum tentu beretika/beradab, tapi orang yang mengerti tentang etika dan terbentuk karakternya biasanya lebih gampang menyerap ilmu," terang Indah.

Dengan hadirnya TK di Desa Sadar tersebut, Indah juga menitip pesan untuk memastikan anak-anak tetap melanjutkan pendidikan hingga SMA (wajib belajar 12 tahun).

"Sekolah bukan sekadar bangunan fisik tapi sesungguhnya ada pesan yang ingin disampaikan Negara melalui bangunan ini yakni menjadi kewajiban kita untuk mendidik anak sejak dini dan membentuk karakter mereka menjadi SDM yang unggul. Saya apresiasi dan saya titip bangunan untuk tetap dipelihara dan saya juga titip pada pemerintah kecamatan untuk memperhatikan guru-gurunya. Saya titip anak-anak pastikan tetap bersekolah minimal sampai SMA, tapi saya berharap bisa dikuliahkan," harap bupati penerima Penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) kategori Best In Public Communication dari SINDO ini. (R)

Sebelumnya, di desa yang sama, Bupati Indah juga meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Iman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler