Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Tingkatkan Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru

Pemerintah Provinsi Sulsel bakal meningkatkan pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.
Lanskap Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (10/12/2019)./Antara-Arnas Padda
Lanskap Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (10/12/2019)./Antara-Arnas Padda

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulsel bakal meningkatkan pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Rencananya, Pemprov Sulsel bersama lembaga terkait akan menyediakan posko keamanan di beberapa titik. Utamanya, di daerah perbatasan di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengimbau agar posko pengamanan juga dibuka di sejumlah pusat keramaian, seperti lokasi wisata, pusat perbelanjaan, dan jalan yang rawan terjadi kecelakaan. Ia menyebut, guna melancarkan proses pengamanan, koordinasi dan sinergi dari seluruh pihak perlu ditingkatkan.

"Kita harap kondisi Sulsel bisa tetap kondusif hingga pergantian tahun. Di tiap posko pengamanan akan ada tim keamanan dari TNI-Polri, perhubungan dan Basarnas. Termasuk tim medis dan alat darurat seperti ambulans untuk antisipasi kecelakaan di semua titik," kata Nurdin, Selasa (17/12/2019).

Selain lembaga terkait, Nurdin juga berharap bupati dan wali kota bisa turut andil dalam menjaga kondusifitas di daerahnya masing-masing. Para pimpinan daerah, diharapkan mampu mengawal dengan baik seluruh proses pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru.

Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe menambahkan di Sulsel ada beberapa daerah yang akan menjadi perhatian khusus. Di antaranya, Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara yang akan melakukan perayaan natal. Kemudian, Kota Parepare dan Kabupaten dengan pelabuhan lautnya, serta kabupaten lain yang akan menggelar Pilkada 2020.

"Kita perlu bersyukur tahun ini situasi kamtibmas masih berjalan dengan baik dan lebih kondusif," ungkap Guntur.

Adapun, untuk pengamanan selama hari raya Natal dan Tahun Baru pihaknya memprioritaskan sejumlah aspek yakni terwujudnya rasa nyaman dan aman di wilayah pemukiman. Juga terwujudnya kemanan berlaluintas semua angkutan, baik darat, laut dan udara.

Sesuai arahan Gubernur Nurdin, TNI-Polri bersama lembaga terkait akan menangani kamtibmas dengan membuat posko pelayana terpadu di tempat-tempat rawan dan berpotensi terjadinya gangguan kamtibmas untuk membantu masyarakat yang melaksanakan aktivitas.(k36)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler