Tol Manado—Bitung Bakal Dibuka Fungsional pada Natal 2019

Balai Pelaksana Jalan (BPJN) Wilayah XV tengah berkoordinasi dengan pusat dan pemerintah daerah untuk rencana pembukaan secara fungsional ruas tol Manado—Bitung pada perayaan Natal 2019
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 22 November 2019  |  18:35 WIB
Tol Manado—Bitung Bakal Dibuka Fungsional pada Natal 2019
Tol Manado - Bitung - istimewa

Bisnis.com, MANADO - Ruas tol Manado—Bitung akan dibuka secara fungsional untuk kendaraan golongan 1 atau kecil pada perayaan Natal 2019. 

Kepala Balai Pelaksana Jalan (BPJN) Wilayah XV mencakup Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo Triono Junoasmono mengungkapkan tengah berkoordinasi dengan pusat dan pemerintah daerah untuk rencana pembukaan secara fungsional ruas tol Manado—Bitung pada perayaan Natal 2019. Rencananya, jalan tersebut akan dibuka untuk dua arah.

“Kemungkinan bisa kami sampaikan akan dibuka secara fungsional sepanjang 20 kilometer [km]. Sudah bisa dua arah,” jelasnya, Jumat (22/11/2019).

Dia menjelaskan bahwa pembukaan secara fungsional telah dilakukan pada perayaan Natal 2018 dan Lebaran 2019. Namun, saat itu lajur yang dibuka hanya satu arah. “Pengalaman kami saat dibuka sebelumnya jumlah kendaraan mencapai 6.000 dan itu baru satu arah,” ujarnya.

Triono mengatakan kemungkinan ruas tol Manado—Bitung akan dibuka secara fungsional beberapa hari menjelang Natal 2019 hingga setelah Tahun Baru. Dengan demikian, pembukaan akan berlangsung sekitar 2 minggu.

Adapun, kendaraan yang dapat melintas hanya yang masuk ke dalam kategori Golongan 1 atau kecil. “Pembukaan fungsional masih gratis [bebas tarif] mungkin nanti bayar pas pembukaan operasional pada April 2020,” imbuhnya.

Terkait dengan tarif tol Manado—Bitung, Triono menyebut besaran yang dikenakan merupakan wewenang operator jalan tol, PT Jasamarga Manado Bitung (JMB). Saat ini, tarif masih dikaji dan akan disampaikan ketika tol telah beroperasi seara penuh.

“Kisaran Rp1.000 per KM tetapi ini hanya sebagai gambaran rata-rata. JMB mereka yang berhak mengeluarkan tarifnya,” paparnya.

Saat ini, dia menambahkan pembangunan ruas sepanjang 14 km sudah rampung. Untuk pembebasan lahan yang tersisa, pihaknya menargetkan dapat selesai pada Desember 2019. “Progres lahan sudah besar sehingga bisa ngejar di April 2020,” ujarnya.

Seperti diketahui, jalan tol Manado—Bitung dikelola oleh salah satu anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., JMB. Entitas itu mengelola dua seksi di ruas tersebut yakni Seksi 2A Airmadidi—Danowudu sepanjang 11,50 km, dan Seksi 2B Danowudu—Bitung sepanjang 13,50 km.

Pada 9 Juni 2016, telah ditandatangangi perjanjian pengusaahan jalan tol tol (PPJT) ruas Manado—Bitung. Salah satu poin yang disepakati yakni masa konsesi selama 40 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, manado

Editor : Hendra Wibawa
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top