Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekerjaan Jalan Bandara Sam Ratulangi-Likupang Rampung 2020

Pembangunan jalan Bandara Sam Ratulangi, Kota Manado, ke wilayah Likupang, Minahasa Utara, sepanjang 31,5 kilometer ditargetkan akan rampung pada 2020.
Bandara Sam Ratulangi di Manado/angkasapura.co.id
Bandara Sam Ratulangi di Manado/angkasapura.co.id

Bisnis.com, MANADO — Pembangunan jalan Bandara Sam Ratulangi, Kota Manado, ke wilayah Likupang, Minahasa Utara, sepanjang 31,5 kilometer ditargetkan akan rampung pada 2020.

Steve H.A. Kepel, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjelaskan bahwa saat ini progres pekerjaan jalan Bandara—Likupang tengah berlangsung.

Saat ini, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XV menurtnya sedang melebarkan jalan yang sudah ada atau existing dengan lebar rata-rata 7 meter (m).

Sementara itu, Steve menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut melebarkan bagian lain dengan lebar 30 m. Saat ini, Pemprov telah mengerjakan pelebaran di sepanjang 4 km.

“[Jalan Bandara—Likupang] harusnya akhir tahun 2020 sudah selesai terbangun,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (13/11).

Secara terpisah, Kepala Balai Pelaksana Jalan (BPJN) Wilayah XV mencakup Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo Triono Junoasmono menuturkan terdapat dua paket di proyek tersebut. Pertama, progres akses Likupang yang kini progresnya sudah 50% dan Girian-Likupang dengan progres 85%.

“Yang dua paket itu selesai Desember 2019. Tetapi, ada paket jembatan dan pelebaran jalan menuju Pantai Pulisan, Likupang, yang selesai semuanya pada 2020,” paparnya.

Triono mengklaim progres pengerjaan proyek sudah sesuai target. Akan tetapi, sempat terdapat kendala akibat pemindahan tiang listrik dan utilitas oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang lambat.

“Sehingga progres fisik agar terhambat, seharusnya kami bisa lebih cepat lagi,” jelasnya.

Kendati demikian, dia mengatakan kendala itu sudah dikoordinasikan. Dengan demikian, pemindahan tiang listrik dilakukan secara bertahap.

“Kami kejar [progres] dengan percepatan,” imbuhnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper