Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Rencana Pelindo IV untuk Pelabuhan International Hub Bitung

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) tengah menggenjot pengembangan Pelabuhan International Hub Bitung, Sulawesi Utara, serta percepatan pembangunan proyek Manado Marine Bay.
Master plan KEK Bitung./Bitung.go.id
Master plan KEK Bitung./Bitung.go.id

Bisnis.com, MANADO —  PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) tengah menggenjot pengembangan Pelabuhan International Hub Bitung, Sulawesi Utara, serta percepatan pembangunan proyek Manado Marine Bay. 

Direktur Utama Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Farid Padang mengungkapkan telah memiliki rencana pengembangan prioritas Pelabuhan International Hub Bitung. Rencana yang menjadi fokus perseroan di kawasan itu yakni penambahan dermaga, penambahan lapangan penumpukan, serta penambahan peralatan.

“Itu program utamanya sudah disiapkan setelah koordinasi dengan Gubernur Sulawesi Utara untuk persiapan ekspor Bitung, Davao, dan Vietnam. Selain itu, disepakati juga dengan Gubernur ekspor dibuka segera serta percepatan Manado Marine Bay [MMB],” ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Farid mengungkapkan pengembangan Pelabuhan Internasional Hub Bitung tengah dalam pelaksanaan proyek jangka menengah. Selanjutnya, rencana induk pelabuhan (RIP) sudah hampir memasuki tahap akhir.

“Salah satu [RIP] yakni relokasi ASDP ke Tanjung Merah dekat lokasi KEK Bitung,” paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengincar pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 persen pada 2020. Optimisme itu sejalan dengan sejumlah pembangunan proyek infrastruktur yang akan segera rampung.

Olly mengungkapkan terdapat beberapa proyek strategis nasional (PSN) yang akan rampung dan diresmikan pada akhir 2019. Rampungnya infrastruktur tersebut akan menjadi pendongkrak ekonomi domestik di Sulut.

Adapun, beberapa proyek strategis nasional di Sulut yang belum diresmikan yakni Bendungan Kuwil, Bendungan Lolak, jalan tol Manado-Bitung serta Pelabuhan Bitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper