Pelindo IV Siap Bangun Manado Marine Bay

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) siap membangun Manado Marine Bay untuk mendukung program pariwisata terintergasi di Sulawesi Utara.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 13 Juli 2019  |  01:05 WIB
Pelindo IV Siap Bangun Manado Marine Bay
Bunaken - Antara/M.Tohamaksun

Bisnis.com, MANADO—PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) siap membangun Manado Marine Bay untuk mendukung program pariwisata terintergasi di Sulawesi Utara.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang. Selain membangun Manado Marine Bay, Pelindo juga akan kembali menyiapkan rute Bitung—Davao untuk ekspor langsung ke Filipina.

Farid mengutarakan pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak di wilayah Sulut, termasuk Pemerintan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan Pemkot Bitung untuk mendukung pembangunan ini.

Farid menargetkan pembangunan Manado Marine Bay di kawasan wisata Taman Laut Bunaken dapat diselesaikan dalam 2 tahun sejak konstruksi pada 2020. Rencana itu, lanjutnya, juga sudah disampaikan kepada Menteri BUMN Rini M Soemarno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Masterplan untuk Manado Marine Bay sudah kami siapkan. Pembangunan pelabuhan ini juga untuk mendukung program Pemkot Manado sebagai Kota Pariwisata dan Kota Penyelenggara Kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition),” kata Farid dalam siaran pers, Jumat (12/7/2019).

Pelindo IV juga akan melakukan pengembangan Pelabuhan Manado dengan membangun dermaga 4 ukuran 6 x 10 meter persegi, pengerukan kolam pelabuhan kedalaman -4 LWS, pembangunan terminal penumpang dengan luas 1.600 meter persegi, dan lapangan penumpukan seluas 2.150 meter persegi.

Pelindo juga siap mendukung kegiatan ekspor langsung dari Bitung ke Filipina melalui Davao, dengan segera menyiapkan rute Bitung—Davao.

Pelindo IV dan Pemprov Sulut berkomitmen melakukan hal itu dengan menandatangani Nota Kesepahaman untuk mendongkrak kinerja ekspor dan meningkatkan konektivitas Provinsi Sulawesi Utara dan Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Kerja sama ini merupakan respons atas kebutuhan infrastruktur pelabuhan umum yang memadai dan pelayanan jasa kepelabuhanan untuk mendukung arus perdagangan barang, termasuk kegiatan ekspor dari Sulut.

Di samping itu, Pemprov Sulut dan Pelindo IV berkomitmen memanfaatkan potensi masing-masing untuk mendapatkan hasil yang dinikmati secara optimal oleh seluruh masyarakat Sulut.

Farid menambahkan, Kementerian Perhubungan telah meminta pihak Pelindo IV untuk memberikan diskon khusus untuk pelayaran Bitung – Davao. “ [Kami] pada prinsipnya setuju untuk memberikan insentif berupa [diskon khusus] tersebut,” ujarnya.

Farid menuturkan, untuk memicu peningkatan volume ekspor ke Filipina dan sebaliknya, harus ada barang balik berupa kebutuhan rumah tangga dan elektronik yang dapat langsung dikirim dari Filipina ke Bitung. Hal ini diharapkan dapat membuat rute tersebut menjadi kontinyu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
manado, pelindo iv, sulut, olly dondokambey

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top