Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Pasar Modal di Sulsel Tumbuh Positif

Kinerja pertumbuhan investor pasar modal di Sulawesi Selatan menunjukan tren positif hingga April 2019.

Bisnis.com, MAKASSAR -- Kinerja pertumbuhan investor pasar modal di Sulawesi Selatan menunjukan tren positif hingga April 2019.

Kepala Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel), Fahmin Amirullah, mengatakan bahwa hingga April 2019 jumlah investor mencapai 15.454.

Jumlah tersebut meningkat 50% dari periode yang sama tahun lalu yaitu sebanyak 10.111 investor saham.

"Pada Desember 2018, jumlah investor saham sebanyak 13.797, naik sekitar 1.000 investor pada April 2019 ini. Jadi memang ada peningkatan minat berinvestasi di pasar saham dengan melihat jumlah investor yang progresif," terang Fahmin, Kamis (23/5/2019).

Dia pun optimistis, tahun 2019 jumlah investor masih akan tumbuh positif seperti tahun 2018.

"Tahun 2018 adalah puncak tertinggi pertumbuhan investor di Sulsel, saya yakin tahun 2019 akan sama," ujar alumni Universitas Hasanuddin itu.

Berdasarkan data BEI, transaksi saham di Sulsel masih stabil seperti tahun lalu yakni rata-rata mencapai Rp 600 miliar setiap bulan.

"Saya yakin jumlahnya masih di atas itu sebenarnya, karena banyak investor di Sulsel menanam saham di perusahaan sekuritas yang tidak memiliki kantor cabang di sini," sambungnya.

Sebagai catatan, pasar modal di Sulsel mengalami lonjakan jumlah investor yang signifikan pada tahun 2018, yaitu menjadi 13.797 dari 8.867 pada tahun 2017. Sementara tahun 2016 jumlah investor tercatat hanya sebanyak 7.473.

Menurut Fahmin, berbagai upaya dilakukan untuk memenuhi target sejuta investor di Indonesia pada tahun 2019 ini.

"Salah satunya dengan menggelar Kompetisi 10 Days Challenge yang merupakan kompetisi antar Galeri Investasi BEI dan bekerjasama dengan Anggota Bursa dalam menciptakan SID (Single Investor Identification) Saham baru terbanyak dalam 10 hari periode kompetisi," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler