Pemprov Sulut Bahas Proyek Infrastruktur dengan Menteri PPN

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ajukan pembangunan sejumlah infrastruktur baru kepada pemerintah pusat.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 12 Mei 2019  |  16:32 WIB
Pemprov Sulut Bahas Proyek Infrastruktur dengan Menteri PPN
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (kanan) - Bisnis.com/ David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ajukan usulan pembangunan sejumlah infrastruktur baru kepada pemerintah pusat.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan hal itu kepada Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro.

"Hari ini saya mengajukan usulan pembangunan di beberapa wilayah Sulawesi Utara kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Bambang Brodjonegoro," katanya di Jakarta, Jumat (10/5/2019) sebagaimana dikutip dari siaran pers, Minggu (12/5/2019).

Olly menyebutkan, sejumlah proyek infrastruktur yang diusulkan adalah pembangunan jalan dan jembatan di Kota Manado, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Kabupaten Minahasa Utara.

"Beberapa di antaranya adalah Pembangunan Jalan Lingkar Pulau Karakelang, Jalan Lingkar Pulau Salibabu, dan Jembatan Pulau Salibabu-Karakelang. Kemudian, pembangunan Jalan Manado Outer Ring Road III, pembangunan Fly Over Boulevard 2, dan Pembangunan Ruas Jalan Bandara—Likupang," jelasnya.

Dia mengatakan, jembatan yang menghubungkan Pulau Karakelang dan Pulau Salibabu dan jalan lingkarnya memiliki nilai strategis dalam mendukung pengembangan potensi sumber daya alam yang dimiliki Talaud. 

Sementara itu, Jalan Manado Outer Ring Road ( MORR ) III sepanjang 11,4 km dan Pembangunan Fly Over Bolevard 2 sepanjang 1,3 km di Manado akan berperan penting dalam mengurai kemacetan di Kota Manado yang sudah sangat tinggi.

Adapun, pembangunan Ruas Jalan Raya Bandara—Likupang sepanjang 31,55 km di Kabupaten Minahasa Utara akan mendukung akses ke destinasi wisata di kawasan Likupang. Kawasan tersebut juga tengah diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bappenas, sulut, olly dondokambey

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top