Pemprov Gorontalo Gelar Kampung Ramadan

Pemerintah Provinsi Gorontalo Bekerja sama dengan Hotel TC Damhil UNG menggelar kampung Ramadan.
Ilman A. Sudarwan | 12 Mei 2019 15:21 WIB
Ilustrasi. - Bisnis.com/Ilham Budhiman

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Gorontalo Bekerja sama dengan Hotel TC Damhil UNG menggelar kampung Ramadan.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan bahwa gelaran ini diselenggarakan sejak Sabtu (11/5/2019) hingga menjelang akhir Ramadan atau tepatnya 2 Mei 2019.

Menurutnya, gelaran Kampung Ramadan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena untuk pertama kalinya helatan ini digelar di dalam hotel. Sebelumnya, acara ini selalu diadakan di area terbuka.

“Saya harap, selain bisa memperindah Kampung Ramadan yang sebelumnya tersebar di berbagai tempat, juga bisa memberikan rasa nyaman kepada pengunjung,” katanya dikutip dari siaran pers, Minggu (12/5/2019).

Dia mengatakan, Kampung Ramadan tahun ini diharapkan dapat menjadi pasar rakyat dan memberdayakan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Hal ini, lanjutnya, juga diharapkan dapat mengurangi laju inflasi selama Ramadan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Nancy Lahay mengatakan bahwa Kampung Ramadan ini digelar untuk mengangkat nilai sosial, ekonomi dan edukasi.

“Dari nilai sosial, kami ingin berbagi dengan anak yatim. Lalu nilai ekonominya, semua UKM yang ada di Gorontalo kami ajak kesini untuk menjual produknya seperti kue untuk buka puasa, sembako sampai kebutuhan menjelang lebaran,” jelasnya.

Selain itu, Kampung Ramadan juga diadakan untuk mengedukasi masyarakat tentang lingkungan yang sehat dan bersih. Selama acara ini digelar, pihak penyelenggara mengupayakan berbagai cara untuk mengraungi penggunaan sampah plastik.

“Hari ini kita mulai memberikan contoh edukasi pada buka puasa bersama ini dengan tidak menyediakan air mineral kemasan. Masyarakat bisa mengambil air minum yang sudah disediakan di dalam gelas,” ujarnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gorontalo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup