PLN Aliri Listrik Desa Patua II di Wakatobi

PT PLN Persero Unit Wilayah Induk (UIW) Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Sulselrabar) kembali mengaliri listrik Desa Patua II Pulau Tomia, Wakatobi, Sultra.
Ilustrasi pekerja memperbaiki jaringan listrik./Antara-Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi pekerja memperbaiki jaringan listrik./Antara-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, MAKASSAR – PT PLN Persero Unit Wilayah Induk (UIW) Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Sulselrabar) kembali mengaliri listrik Desa Patua II Pulau Tomia, Wakatobi, Sultra, jelang Ramadan 1440 Hijriah.

"Kami bersyukur dan berterimakasih PLN berhasil menyalakan listrik di Desa Patua II ini jelang Ramadhan. Saat ini Pemda Wakatobi juga sedang melakukan peningkatan SDM," ungkap Bupati Wakatobi, Arhawi dalam keterangan persnya pada Selasa (30/4/2019).

Arhawi mengaku masyarakat Desa Patua II menyambut positif dan antusias akan hadirnya listrik PLN. Sehingga antusias ini diwujudkan masyarakat dengan bantuan selama proses mobilisasi pemancangan tiang dan penarikan kabel.

Dengan potensi sejumlah 80 pelanggan, PLN memancang 70 batang tiang dan memasang dua Gardu Distribusi dengan total daya 100 kVA. Selain itu, PLN juga menarik Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 4,13 kms dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 0,89 kms.

"Kita mendapatkan kado manis sebelum Ramadhan dari PLN. Pulau Tomia memiliki keindahan alam hayati bawah lautnya telah begitu terkenal hingga ke mancanegara, sehingga pengembangannya memang menjadi fokus utama kami," kata Arhawi.

Tomia merupakan bagian dari gugusan kepulauan Wakatobi atau singkatan nama empat pulau Wakatobi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi merupakan kabupaten maritim yang merupakan warisan budaya nasional.

Plh. Manajer PLN UP3 Baubau, Leandra Agung Tri Radi Putra menyampaikan, PLN UIW Sulselrabar, melalui Unit Pembangunan Proyek Kelistrikan (UP2K) Sulawesi Tenggara dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) Wangi-wangi melakukan survei melalui lautan kurang lebih empat jam untuk sampai di Pulau Tomia dari Pulau Wangi-wangi dan dilanjutkan dengan perjalanan darat kurang lebih 1 jam.

"Insya Allah PLN akan mencapai target RE 100% dengan dukungan semua pihak utamanya pemda dan masyarakat," tutup Agung.

Leandra Agung menyampaikan bahwa target Rasio Elektrifikasi adalah 100% pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper