Petani Gorontalo Rindukan Kenaikan Harga Kopra

Sejumlah petani di Desa Otiola, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap harga kopra kembali naik.
Newswire | 29 Januari 2019 18:15 WIB
Proses pengasapan kopra - Antara

Bisnis.com, GORONTALO – Sejumlah petani di Desa Otiola, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap harga kopra kembali naik.

"Harga kopra saat ini masih sangat minim, hanya Rp4.000/kilo gram," ujar Heri, salah satu petani kopra di Desa Otiola, Selasa (29/1/2019).

Biasanya, ungkapnya, , petani akan menikmati harga kopra tinggi pada akhir hingga awal tahun, namun kini harganya tidak menguntungkan.

Dia mengaku tidak termotivasi menghasilkan kopra sebab harganya sangat tidak bersahabat. Apalagi petani di desa itu, harus mengeluarkan biaya angkut perahu untuk menyebrangkan kopra hingga ke Pelabuhan Kwandang. "Biaya transportasi menambah beban modal, makanya kondisi saat ini cukup menyedihkan."

Dia berharap harga kopra kembali tinggi agar petani kembali bersemangat.

Sementara itu, penggiat pemberdayaan masyarakat Desa Otiola, Olha Alim mengatakan pihaknya terus menyemangati masyarakat khususnya petani untuk meningkatkan produksi pertanian khususnya kopra yang memang mayoritas dilakoni petani di wilayah itu.

"Meski harga kopra masih rendah, namun petani terus disemangati untuk memproduksi kopra sebab kualitas kopra dari Otiola cukup baik, yang pengeringannya mengandalkan sinar matahari," ujarnya.

Dia pun mengaku ikut mendorong petani untuk menanam kelapa sebagai aset komoditas unggulan di Desa Otiola dan Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Kami optimistis kelak pohon-pohon kelapa di pulau ini, akan menjadi bahan baku berbagai produk unggulan yang bisa diolah menjadi produk-produk bernilai ekonomi tinggi, khususnya mengisi potensi industri pengolahan di daerah ini, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat secara signifikan," ujarnya.

Sumber : Antara

Tag : kopra
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup