Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Kopra di Sulut Berangsur Naik

Harga Kopra di Sulut Berangsur NaikBisnis.com, MANADOSetelah berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, akhirnya harga kopra di Sulut berangsur naik.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 20 Desember 2018  |  14:21 WIB
Proses pembuatan kopra - Antara
Proses pembuatan kopra - Antara

Bisnis.com, MANADO—Setelah berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, akhirnya harga kopra di Sulut berangsur naik.

Hal ini terbukti harga beli kopra di PT. Cargil pada bulan November seharga Rp. 4800 per kilogram, dan per  18 November berada di harga Rp 5.500 per kilogram. Sementara untuk PT. Multi Nabati pada bulan November seharga Rp 4.800 per kilogram saat ini seharga Rp 5.600 per kilogram.

Harga kopra bisa berangsur naik karena berbagai langkah strategis dilakukan Gubernur dan Wagub dalam rangka menaikan harga beli kopra para petani di Sulut.

"Di antaranya dengan mengajak para perusahan pabrikan kopra untuk menaikan harga beli kopra,” ujar Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, seperti dikutip, Kamis (20/12).

Sementara untuk rencana jangka panjang, Pemprov Sulut mengagagas program untuk mengatasi anjloknya harga kopra dengan mengembangkan industri minyak goreng kelapa skala kelompok tani.

Salah satunya  dilakukan dengan pemberian bantuan sebanyak 12 unit mesin produksi minyak kelapa untuk kelompok tani yang akan mengelola industri minyak goreng kelapa di tahun 2018 ini. Dua diantaranya termasuk bantuan tempat pengolahan kelapa.

Adapun pada tahun 2019 nanti Pemprov Sulut akan memberikan bantuan dengan jumlah lebih besar, yaitu sebanyak 23 unit mesin beserta tempat pengolahan senilai Rp7 miliar.

Langkah lain yang dilakukan Pemprov Sulut untuk meningkatkan nilai jual produk turunan dari kelapa, yaitu mengadakan pertemuan yang diikuti seluruh daerah penghasil kelapa di Indonesia


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut kopra
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top