META Ingin Bangun Tol Akses Makassar New Port

Keberadaan jalan akses tol Makassar New Port nantinya mendukung aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan terbesar di wilayah Indonesia bagian timur tersebut.
Rivki Maulana | 04 Desember 2018 09:10 WIB
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/10/2018). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA — PT Nusantara Infrastructure Tbk. berniat membangun jalan tol akses menuju Makassar New Port sepanjang 2 kilometer.

Keberadaan jalan akses ini nantinya mendukung aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan terbesar di wilayah Indonesia bagian timur.

Direktur PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META) Danni Hasan mengatakan bahwa jalan akses ke Makassar New Port akan terhubung dengan jalan tol Tallo—Bandara Hasanuddin dan jalan tol Pelabuhan Soekarno-Hatta—Pettarani.

Dua jalan tol ini dikelola oleh entitas di bawah perseroan, yaitu PT Jalan Tol Seksi Empat dan PT Bosowa Marga Nusantara.

Saat ini, katanya, trase jalan tol untuk akses ke Makassar New Port belum ditetapkan sehingga perseroan belum bisa mengestimasi kebutuhan dana untuk pembangunannya.

"Kami mendapat mandat untuk membangun akses ke Makassar New Port, rutenya nanti tergantung persetujuan pemerintah," ujarn Danni kepada Bisnis.com, pekan lalu.

Menurut Danni, kendati jalan akses hanya 2 kilometer, pembangunannya terbilang menantang.

Pasalnya, jalan akses akan melalui beragam persimpangan dengan jalan bukan tol yang sudah ada.

Kendati begitu, dia berharap agar pembangunan jalan bisa selesai sebelum operasional penuh Makassar New Port pada 2019.

Selain jalan tol akses ke Makassar New Port, saat ini META sudah memulai pembangunan jalan tol layang A.P. Pettarani sepanjang 4,3 kilometer.

Progres konstruksi jalan tol baru mencapai 5,40% dan diharapkan bisa rampung pada Agustus 2020.

Berkat pembangunan jalan tol ini, META mendapat perpanjangan konsesi selama 15 tahun sehingga masa konsesi baru berakhir pada 2043.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top