Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisman ke Sulut Melonjak 110,86% Pada Februari 2018

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara melalui pintu masuk Bandara Sam Ratulangi pada bulan kedua tahun ini mengalami lonjakan naik hingga 110,86% dibandingkan dengan tahun lalu.
Danau Tondano di Sulawesi Utara/Istimewa
Danau Tondano di Sulawesi Utara/Istimewa

Bisnis.com, MANADO – Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara melalui pintu masuk Bandara Sam Ratulangi pada bulan kedua tahun ini mengalami lonjakan hingga 110,86% dibandingkan dengan tahun lalu.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Moh. Edy Mahmud mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Februari 2018 mencapai 10.789 orang, meningkat 110,86% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 5.119 orang.

“Perkembangan wisman selama kurun dua bulan pertama di tahun ini memang sangat menggembirakan karena mencapai 19.299 orang atau 24% lebih dari total wisman 2017 [79.377 orang],” ujarnya, Senin (2/4/2018).

Peningkatan wisman ini, sambung Edy, sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk terus mengembangkan pariwisata sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi. Apalagi, target kunjungan wisman tahun ini dipatok sebanyak 200.000 orang.

Adapun, wisman asal China masih mendominasi. Pada Februari 2018, wisman asal China yang berkunjung ke Bumi Nyiur Melambai mencapai 9.887 orang atau mengambil porsi 91,6%.

Bulan sebelumnya, wisman asal Negeri Panda mencapai 7.671 orang atau mengambil porsi 90,19%. Peningkatan wisman asal China dari waktu ke waktu ini, lanjutnya, sejalan dengan adanya penerbangan carter yang sudah berjalan reguler tiap pekan.

Setelah China, kunjungan wisman terbanyak yakni AS dengan porsi 1,1%, Jerman dengan porsi 1,06%, Hong Kong dengan porsi 0,94%, dan Singapura dengan porsi 0,92%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper