Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Lubricants Ikut Dorong Kepesertaan Mandiri di Makassar

Kepesertaan pekerja informal dalam program JKN-KIS di Makassar kembali terpacu seiring dengan partisipasi korporasi dalam pembayaran premi secara kolektif.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Kepesertaan pekerja informal dalam program JKN-KIS di Makassar kembali terpacu seiring dengan partisipasi korporasi dalam pembayaran premi secara kolektif.

Paling anyar, BPJS Kesehatan mencatat sebanyak 105 tenaga otomotif di kota tersebut masuk dalam kepesertaan JKN-KIS setelah PT Pertamina Lubricants menanggung premi para mekanik termasuk anggota keluarga yang terdaftar.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar Unting Patri mengatakan premi bulanan mekanik tersebut ditanggung secara keseluruhan oleh Pertamina Lubricants melalui penyaluran dana CSR perseroan.

"Kewajiban premi para mekanik dan anggota keluarganya, selanjutnya akan dibayarkan Pertamina Lubricants, dengan fasilitas peserta kelas 2," ujarnya di sela-sela penandatanganan MoU BPJS Kes dan Pertamina Lubricants, Senin (18/9/2017) petang.

Adapun dari sisi kolektibilitas, penagihan premi para penerima manfaat tersebut akan terhimpun dalam 1 nomor virtual account (VA) karena termasuk dalam kategori kolektif pekerja bukan penerima upah (PBPU).

Sejauh ini, lanjut Unting, terdapat dua perusahaan di Makassar yang telah menerapkan program alokasi CSR untuk menanggung premi bagi peserta mandiri secara kolektif.

"Sebelumnya juga telah diimplementasikan Grand Clarion Makassar, dan sekarang dilakukan pula oleh Pertamina Lubricants," urainya.

Sebagai informasi, rasio kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Makassar hingga kuartal III/2017 telah berada pada level 70,55% terhadap total populasi penduduk di wilayah cakupan.

Rasio tersebut ekuivalen dengan jumlah peserta yang telah terdaftar dalam program JKN-KIS sebanyak 2,45 juta jiwa yang tersebar pada lima kabupaten/kota meliputi Makassar, Maros, Takalar, Pangkajene Kepulauan serta Gowa.

Total populasi pada seluruh kabupaten/kota tersebut yang merupakan cakupan operasional BPJS Kesehatan Cabang Makassar mencapai 3,47 juta jiwa.

"Melalui program partisipasi dari korporasi, tentu rasio kepesertaan bisa lebih terpacu. Ikut mendukung program UHC," papar Unting.

Dalam kesempatan sama, Sales Region Manager Pertamina Lubricants Region VII Didik Setiyo Nugroho mengatakan program tersebut merupakan komitmen perseroan dalam mendukung penciptaan tenaga otomotif yang berkualitas yang terlindung jaminan kesehatan.

Dia menyebutkan, alokasi serupa juga telah dilakukan Pertamina Lubricants pada kota utama lainnya di Tanah Air yakni Surabaya, Semarang

dan Jakarta.

“Mekanik juga memberikan kontribusi sangat besar terhadap performa penjualan kami, serta juga memiliki tingkat resiko kerja yang relatif tinggi. Sehingga program tentu sangat bermanfaat bagi mereka," papar Didik.

Dia menguraikan, durasi pertanggungan premi bagi para mekanik besarnya keluarganya selama setahun penuh dan memiliki opsi perpanjangan untuk tahun berkutnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper