Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wuling Motors Mulai Garap Pasar Otomotif Sulawesi

Produsen mobil asal Tiongkok, Wuling Motors mulai menggarap pasar otomotif Sulawesi dengan berfokus pada segmen low MPV atau mobil dengan kisaran harga di bawah Rp200 juta.

Bisnis.com, MAKASSAR - Produsen mobil asal Tiongkok, Wuling Motors mulai menggarap pasar otomotif Sulawesi dengan berfokus pada segmen low MPV atau mobil dengan kisaran harga di bawah Rp200 juta.

Penetrasi tersebut dilakukan melalui pembukaan empat jaringan penjualan PT Kumala Cemerlang Abadi selaku diler utama Wuling di Regional Sulawesi.

Direktur Kumala Cemerlang Abadi Erwin Tandiawan mengatakan produk yang dipasarkan diproyeksikan mampu memenuhi ekspektasi konsumen mendapatkan kendaraan relatif murah dengan kualitas yang optimal.

Pada tahun ini, produk otomotif yang mulai dipasarkan perusahaan adalah Wuling Confero dan Wuling Confero S yang memiliki sejumlah varian tipe dengan kapasitas tujuh maupun delapan kursi.

"Tentu optimistis bisa mendapatkan pangsa yang positif. Untuk tahun pertama ini kami targetkan penjualan bisa 100 unit per bulan," ujarnya di sela-sela Grand Opening Diler Wuling Makassar, Rabu (23/8/2017).

Selain itu, lanjut dia, langkah penambahan jaringan outlet juga telah disiapkan dengan menyasar kota utama di Regional Sulawesi yang ditargetkan terealisasi pada tahun depan.

Perencanaan tersebut dimaksudkan untuk menepis kekhawatiran konsumen perihal ketersediaan suku cadang maupun layanan purna jual dari Wuling.

Adapun saat ini, jaringan diler Kumala Cemerlang berada di Makassar sebanyak dua outlet, kemudian Manado dan Kendari yang masing-masing satu outlet.

"Khusus di Makassar itu memiliki kualifikasi 3S yang diresmikan hari ini, sedangkan satunya fokus pada penjualan. Adapun untuk jaringan di Manado dan Kendari saat ini masih berfokus pada penjualan," kata Erwin.

Di sisi lain, ekspansi penambahan jaringan diler direncanakan sebanyak tiga outlet dengan memprioritaskan kota utama di Sulawesi.

Dalam kesempatan sama, Sales Manager Kumala Cemerlang Abadi, Edgar Sidharta mengemukakan respon konsumen di Makassar sangat positif yang terindikasi dari inden Confero yang telah mencapai sekitar sekitar 195 SPK.

"Kami optimistis, apalagi jika melihat karakteristik konsumen di Makassar sangat pas dengan produk otomotif Wuling. Sesuai dengan kebutuhan, kualitas serta tentunya budget dari konsumen," katanya.

Sebelum peresmian outlet Makassar, diler utama Wuling untuk Sulawesi tersebut mulai membuka keran pemesanan sejak akhir Juli lalu dan sejauh ini telah terhimpun sebanyak 195 surat pemesanan kendaraan (SPK) dari konsumen Makassar serta beberapa dari kabupaten/kota lainnya di Sulsel.

Edgar menjelaskan, mobilisasi unit tengah dilakukan dari pusat produksi Wuling di Cikarang, Jawa Barat, dan dijadwalkan penyerahan perdana kepada konsumen Makassar pada 27 Agustus mendatang.

Menurutnya, produk otomotif Wuling bahkan dipersiapkan mampu membentuk ceruk pasar baru dengan berorientasi pada penyediaan kendaraan relatif terjangkau dan berada di antara segmen LCGC dan low MPV.

Hal tersebut mengacu pada harga OTR Confero tipe terendah yang dibanderol sekitar Rp160 juta hingga sekitar Rp190 juta untuk Confero S tipe tertinggi.

Adapun Wuling Confero dan Confero S menggunakan kubikasi mesin 1.500 cc dengan transmisi manual lima prcepatan. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 107 Hp pada 5.800 rpm dan torsi maksimum 142 Nm pada 3.8000 sampai 4.400 rpm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper