Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diler Otomotif Perluas Jaringan Layanan Terpadu di Sulsel

Pabrikan otomotif asal Jepang, Daihatsu merealisasikan perluasan jaringan penjualan dan pelayanan purna jual di Sulawesi Selatan sebagai rangkaian dari upaya untuk memperluas penguasaan pasar di daerah tersebut.
Seorang model berpose di samping mobil Daihatsu Hi-Max./JIBI
Seorang model berpose di samping mobil Daihatsu Hi-Max./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Pabrikan otomotif asal Jepang, Daihatsu merealisasikan perluasan jaringan penjualan dan pelayanan purna jual di Sulawesi Selatan sebagai rangkaian dari upaya untuk memperluas penguasaan pasar di daerah tersebut.

Jaringan layanan terpadu yang ditempatkan pada sisi selatan Kota Makassar tersebut memiliki kapasitas sales, service dan spareparts (3S) serta body repair itu, diproyeksikan pula mampu ikut mendukung performa Daihatsu di Sulsel hingga 20% baik sisi penjualan maupun lini purna jual.

Dodik Priambodo, Astra International-Daihatsu Sales Operation (DSO) Cabang Makassar, jaringan anyar yang dihadirkan oleh perusahaan ini akan lebih berfokus pada pelayanan bagi konsumen yang tidak hanya di Makassar tetapi juga menyasar beberapa kabupaten/kota yang berada di bagian selatan di Sulsel.

Dia menyebutkan, daerah tersebut diantaranya Gowa dan Takalar yang merupakan daerah penyangga Kota Makassar yang merupakan bagian dari kontributor utama kinerja penjualan maupun layanan purna jual Daihatsu di Sulsel.

"Tentunya akan mengakomodir kebutuhan pembelian kendaraan dari sisi selatan, kemudian untuk pelayanan purna jual kami optimistis bisa optimal dengan kapasitas 14 stall untuk general repair serta 15 stall untuk body repair," katanya di sela-sela Opening Ceremony Daihatsu Sales Operation Alauddin, Senin (14/8/2017).

Adapun fasilitas tersebut terletak di bilangan Sultan Alauddin yang merupakan ruas utama atau arteri penghubung Makassar dengan beberapa kabupaten/kota yang berada di sisi selatan provinsi Sulsel. Luasan lahan dari fasilitas itu mencapai 6.000 m2 sedangkan struktur bangunan terdiri dari 2 lantai.

Dodik menguraikan, besaran investasi yang dialokasikan untuk jaringan layanan terpadu itu sebesar Rp30 miliar untuk pembangunan fisik serta pengadaan seluruh fasilitas penunjang untuk kegiatan operasional penjualan maupun bengkel.

"Dari sisi penjualan, jaringan ini ditargetkan mampu merealisasikan sebanyak 100 unit per bulan dengan komposisi 40% kendaraan komersial sedangkan sisianya kendaraan penumpang untuk seluruh line up," katanya.

Secara rerata, penjualan Daihatsu di Sulawesi Selatan berada di kisaran 600 unit sampai 700 unit per bulan di mana 70% bersumber dari kendaraan penumpang atau passenger car sedangkan sisanya berasal dari kendaraan niaga.

Sementara itu, Head of Area Service AI-DSO Wilayah Timur Kahono Basri mengemukakan kapasitas terpasang untuk lini layanan purna jual baik general repair maupun body repair di jaringan Alauddin bisa mengakomodir sebanyak 65 unit kendaraan per hari dan berpotensi lebih besar lagi.

Pembukaan jaringan anyar itu juga diharapkan bisa ikut mendongkrak pendapatan lini purna jual Daihatsu terutama pada sisi pelayanan servis unit kendaraan hingga 20% dengan mengoptimalkan ceruk pasar yang selama ini belum tergarap.

"Dari sisi aksesibilitas tentunya akan lebih memudahkan konsumen dari luar Makassar menjangkau layanan kami, pergerakan kendaraan tentu lebih mudah kedepannya. Ini baik untuk mengoptimalkan kapasitas bengkel kami," katanya.

Selama ini, lanjut dia, pelayanan purna jual Daihatsu cenderung terpusat di Cabang Urip Sumiharjo dengan trafik kendaraan yang masuk sebanyak 113 unit per hari dan dinilai telah sulit untuk dikembangkan dengan pertimbangan lahan yang terbatas di sekitar fasilitas eksisting.

Sehingga dengan pengoperasioan Cabang Alauddin bakal lebih memudahkan konsumen mendapatkan layanan optimal dari Daihatsu secara cepat dengan kualitas yang tetap berada pada level yang telah disesuaikan dengan standarisasi perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper