Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penguatan Daya Saing Startup Jadi Kunci Pertumbuhan

Peningkatan daya saing perusahan rintisan atau startup di Tanah Air menjadi salah satu kunci dalam mengembangkan model bisnis berbasis teknologi tersebut agar mampu lebih atraktif hingga ke skala global.

Bisnis.com, MAKASSAR - Peningkatan daya saing perusahan rintisan atau startup di Tanah Air menjadi salah satu kunci dalam mengembangkan model bisnis berbasis teknologi tersebut agar mampu lebih atraktif hingga ke skala global.

Selain itu, kolaborasi antarstakeholder pengembang startup juga menjadi hal yang penting dalam menopang pertumbuhan startup di Tanah Air.

Chairman National Startup Centre Handito Joewono mengatakan salah satu bentuk manifestasi dari upaya perwujudan hal tersebut dilakukan melalui penyelenggaraan National Startup Forum dengan pelibatan Kementerian Riset dan Teknologi RI pada tahun ini.

Untuk tahun ini, forum yang menghimpun seluruh stakeholder startup itu diawali di Makassar sekaligus menjadi rangkaian pelaksanan puncak Harteknas 2017.

"Forum ini diharapkan bisa menjadi momentum dalam percepatan penciptaan startup baru nasional yang mampu tampil dan berdaya saing di percaturan perekonomian global," urainya di Makassar, Rabu (9/8/2017) malam.

Adapun forum tersebut dijadwalkan berlangsung pada 11-12 Agustus 2017di Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan tema 'Menumbuhkembangkan startup Nasional Berdayasaing Global'.

Menurut Handito, pada penyelenggaraan forum tersebut bakal dihadiri sebanyak 500 stakeholder startup dari Makassar serta beberapa daerah di wilayah timur Indonesia.

Secara nasional, Makassar menjadi kota pembuka National Startup Forum 2017 yang bakal dilanjutkan di beberapa kota lainnya seperti Denpasar, Surabaya, Jogjakarta, Palembang serta Jakarta.

Di sisi lain, pelaksanaan forum tersebut dimaksudkan pula mendorong perluasan pengembang startup ke wilayah timur sehingga tidak hanya terkonsentrasi di Jakarta maluku kota lainnya di Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper