Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singapura Agresif Garap Wisatawan Asal Makassar

Singapore Tourism Board atau STB menggencarkan promosi pariwisata Singapura di Makassar untuk lebih mengatrol angka kujungan wisatawan dari kota tersebut.

Bisnis.com, MAKASSAR - Singapore Tourism Board atau STB menggencarkan promosi pariwisata Singapura di Makassar untuk lebih mengatrol angka kunjungan wisatawan dari kota tersebut.

Mohammed Firhan Abdul Salam, Area Director STB-Eastern Indonesia, mengemukakan Makassar merupakan pasar strategis yang selalu mencatatkan pertumbuhan angka kunjungan wisatawan ke Singapura, konsisten berada di level dua digit secara tahunan.

Sebagai gambaran, lanjut dia, pertumbuhan pergerakan masyarakat asal Makassar yang berkunjung Singapura sepanjang 2016 mencapai 13%, lebih tinggi dibandingkan nasional yang hanya bergerak 6% (yoy) dengan total 2,8 juta orang.

Angka tersebut  berpotensi mencatatkan pertumbuhan lebih tinggi pada tahun ini seiring dengan laju perekonomian Makassar yang mulai agresif disertai dengan penguatan daya beli masyarakat.

Kendati demikian, Firhan menguraikan jika komposisi Makassar terhadap struktur volume pergerakan wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Singapura, masih relatif kecil terlebih jika dibandingkan dengan Jakarta. Kondisi itu menjadi acuan STB untuk menggencarkan promosi di Makassar agar tercipta pertumbuhan sekaligus memangkas disparitas kontrtibusi angka kunjungan.

"Sebagai bentuk upaya optimalisasi pasar Makassar maupun timur secara umum, pada kuartal keempat 2017 kami akan merealisasikan pembukaan kantor ke-dua di Indonesia yang fokus pada aktivitas pemasaran untuk wilayah ini," katanya di Makassar, Jumat (4/8/2017).

Sesuai dengan perencanaan, jaringan kantor tersebut akan ditempatkan di Surabaya, Jawa Timur, dengan cakupan operasional berfokus Sulawesi serta tentunya Jawa bagian timur. Selama ini, kegiatan promosi wisata STB terkonsentrasi di Jakarta, lokasi jaringan kantor pertama lembaga pariwisata milik Pemerintah Singapura tersebut.

Khusus di Makassar, penetrasi STB pada tahun ini dilakukan melalui pameran wisata menggandeng perbankan nasional serta maskapai penerbangan Silk Air dengan aneka promosi tiket pesawat tujuan Singapura dan destinasi lainnya.

Dalam pameran wisata yang berlangsung 4-6 Agustus di Phinisi Point Mall itu, STB turut membawa serta Costa Cruise, Princess Cruise, Gardens by the Bay serta Resorts World Sentosa untuk menarik minat wisatawan asal Makassar.

Dalam kesempatan sama, Ketua Asita Sulsel Didi Leonardo mengatakan Singapura menjadi salah destinasi luar negeri yang menjadi pilihan utama konsumen Makassar dalam merencanakan perjalanan wisata.

"Singapura menjadi destinasi favorit, itu ditunjukkan dari laporan kegiatan bisnis anggota Asita Sulsel, paket perjalanan maupun pemesanan tiket sangat tinggi dibandingkan dengan destinasi lainnya. Ini terjadi dalam beberapa tahun terakhir," ujarnya.

Bahkan secara kumulatif, lanjut Didi, Singapura menempati urutan kedua setelah Jakarta sebagai destinasi utama konsumen asal Makassar saat merencanakan perjalanan wisata dengan memanfaatkan jasa travel agent.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper