Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Makassar Ingin Pacu Layanan Digital

BNI mengestimasi pemanfaatan layanan perbankan digital oleh nasabah di Wilayah Makassar bisa lebih massif seiring dengan serangkaian langkah edukasi perseroan.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - BNI mengestimasi pemanfaatan layanan perbankan digital oleh nasabah di Wilayah Makassar bisa lebih massif seiring dengan serangkaian langkah edukasi perseroan.

Head of Business Banking BNI Wilayah Makassar Faizal Arief Setiawan mengemukakan edukasi yang dilakukan menyasar seluruh segmen nasabah meliputi perorangan maupun instansi agar menggunakan layanan digital banking yang disediakan perseroan.

Sejauh ini, lanjut dia, digitalisasi layanan telah diterapkan perseroan pada sebagian besar aspek pelayanan dan operasional perbankan yang beroreintasi memberikan kemudahan bagi nasabah.

"Sistem transaksi tentunya sudah banyak, kemudian kami juga telah terapkan untuk pengajuan kredit secara mobile serta cash management system untuk nasabah perorangan maupun nasabah," katanya, Rabu (5/7/2017).

Menurutnya, untuk layanan bagi nasabah perorangan telah diakomodasi melalui BNI Mobile dan diklaim telah cukup banyak dimanfaatkan oleh nasabah segmen tersebut untuk aktivitas transaksi perbankan.

Selain itu, terdapat pula BNI Digital Loan yang memungkinkan nasabah mengajukan permohonan pinjaman secara virtual namun masih terbatas pada KUR.

Faizal menguraikan, penterasi edukasi yang tengah dilakukan perseroan menyasar segmen institusi agar lebih banyak memanfaatkan layanan digital banking untuk keperluan transkasi keuangan.

"Untuk segmen ini, kami ada BNI Direct yang tentu memudahkan institusi melakukan transaksi pembayaran hingga transfer secra online tanpa harus mendatangi kantor cabang. Ini masih sangat kecil pemanfaatanya," papar dia.

Khusus di Wilayah Makassar, nasabah institusi perseroan yang telah memanfaatkan BNI Direct masih berkisar 1.000 nasabah atau hanya sekitar 6% dari total nasabah institusi di Wilayah Makassar.

Sekedar diketahui cakupan operasional BNI Wilayah Makassar meliputi Sulsel, Sulselbar, Sultra dan Maluku.

Adapun untuk rata-rata nilai transaksi melalui pemanfaatan BNI Direct di Wilayah Makassar berada di kisaran Rp3 miliar hingga Rp5 miliar per bulan per setiap nasabah institusi.

VP Network & Services BNI Wilayah Makassar Mohammad Rubani menambahkan, khusus untuk layanan bagi nasabah istitusi akan dilengkapi debgan perangkat khusus pada kantor operasional nasabah sehingga memungkinkan melakukan transaksi perbankan secara virtual.

"Kami orientasinya untuk jangka panjang, memberikan kemudahan bagi nasabah sehingga lebih memperbesar pemanfaatan layanan digital kami. Kami harapnya, setiap tahun minimal bisa bertambah 1.000 nasabah institusi yang menggunakan layanan ini," papar dia.

Kendati demikian, pemanfaatan layanan digital untuk nasabah instansi terbentu oleh kecenderungan nasabah terutama pada segmen pelaku usaha yang mengggap layanan ini memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan skema manual atau konvensional.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper