Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ADM : Angkutan Aplikasi Ikut Topang Penjualan di Sulsel

PT Astra Daihatsu Motor mengklaim tren angkutan berbasis aplikasi ikut mendukung kinerja penjualan kendaraan perusahaan di Makassar maupun Sulsel secara keseluruhan.
carsensation.blogspot.com
carsensation.blogspot.com

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Astra Daihatsu Motor mengklaim tren angkutan berbasis aplikasi ikut mendukung kinerja penjualan kendaraan perusahaan di Makassar maupun Sulsel secara keseluruhan.

Branch Manager ADM Cabang Makassar Dodik Priambodo mengatakan kendati masih dalam skala terbatas, ekspansi layanan angkutan online memberikan katalis untuk pencapaian penjualan kendaraan penumpang yang dipasarkan.

Sebagai gambaran, lanjut dia, pada empat bulan tahun ini peforma penjualan secara rerata mencapai 694 unit untuk seluruh segmen meliputi penumpang (passenger car) maupun niaga (commercial car).

"Memang tidak acuan rill jika commercial car Daihatsu yang terjual itu kemudian digunakan sebagai operasional angkutan online di Makassar. Tetapi karakteristik konsumen arahnya ke sana, informasi terkait ini kami dapatkan dari pihak leasing rekanan," ucapnya, Kamis (4/5/2017).

Dia menjelaskan, pihak pembiayaan atau leasing menghimpun informasi peruntukan penggunaan kendaraan yang dibeli konsumen melalui skema survei kelayakan pelanggan.

Dari survei tersebut, lanjut Dodik, kecenderungan nasabah pihak leasing di Makassar untuk menggunakan kendaraan Daihatsu sebagai armada angkutan berbasis aplikasi mencapai 10%.

"Memang masih sangat terbatas sebenarnya, tetapi ini sebagai indikator jika angkutan online memberikan andil dalam penjualan kendaraan Daihatsu," paparnya.

Di sisi lain, performa penjualan juga didukung oleh varian terbaru dari segmen LCGC yakni Daihatsu Ayla generasi kedua yang diproyeksikan mampu mengatrol kinerja kumulatif hingga akhir tahun ini.

Menurutnya, Ayla merupakan produk yang memberikan kontribusi terbesar kedua setelah MPV Xenia untuk penjualan Daihatsu di Makassar maupun Sulsel secara umum.

Adapun pada tahun ini, kontribusi Ayla terhadap struktur penjualan Daihatsu di Cabang Makassar diproyeksikan mampu mencapai 20% atau sekitar 180 unit per bulan.

Secara keseluruhan, ADM Cabang Makassar mengestimasi penjualan seluruh segmen pada tahun ini bisa mencapai di kisaran 700 unit rerata bulanan.

Kendati demikian, papar Dodik, kehadiran varian terbaru Ayla diprediksi bakal membetuk ceruk pasar baru sehingga tidak mempengaruhi segmen yang lain terkhusus pada LCGC Sigra maupun Sirion yang bermain di segmen hatchback klasifikasi menengah.

Sementara itu, Kepala Astra Credits Companies (ACC) Makassar Hilal Hamzah mengemukakan kecendrungan konsumen yang melakukan pembelian kendaraan merk Daihatsu untuk kemudian digunakan sebagai armada angkutan online kerap memanfaatkan program khusus uang muka maupun cicilan yang relatif rendah.

"Kami memang memiliki program seperti itu, tidak dikhususkan bagi pengemudi angkutan online, tetapi pula untuk nasabah secara umum. Namun sebelum melakukan kontrak pembelian, kami melakukan survei dan kemudian diketahui alasan dan peruntukan kendaraannya," urai dia.

Khusus untuk pembelian Daihatsu yang difasilitasi ACC Makassar, menurut Hilal, sebagian besar masih berorientasi untuk penggunaan pribadi pada segmen kendaraan penumpang.

"Sedangkan untuk pemanfaatan sebagai angkutan online masih sangat kecil, di kisarannya 8% hingga 10%," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper