Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Gandeng Bank Sulselbar Operasikan Kas Titipan di Bone

Bank Indonesia menggandeng Bank Sulselbar terkait pengelolaan kas titipan bank sentral di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, yang bertujuan untuk memangkas durasi pendistribusian uang kartal di daerah tersebut.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Indonesia menggandeng Bank Sulselbar terkait pengelolaan kas titipan bank sentral di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, yang bertujuan untuk memangkas durasi pendistribusian uang kartal di daerah tersebut.

Kepala BI Perwakilan Provinsi Sulsel Wiwiek S. Widayat mengatakan jalinan kerjasama dengan bank milik pemda se-Sulsel dan Sulbar tersebut sekaligus menandai pengoperasian layanan kas titipan yang keempat di Sulsel.

Sekedar diketahui, Bank Indonesia juga telah memiliki tiga layanan kas titipan yang juga dikelola oleh Bank Sulselbar yang terletak di KKota Palopo yang beroperasi sejak 2010, kemudian di Kota Parepare sejak 2015 serta di Kabupaten Bulukumba yang diresmikan tahun lalu.

"Selain untuk memudahkan distribusi uang kartal untuk perbankan yang beroperasi di Bone dan sekitarnya, layanan kas titipan ini juga untuk menjamin uang yang beredar dalam kondisi layak serta pelayanan penukaran uang bagi masyarakat umum," katanya, Jumat (7/4/2017).

Wiwiek menguraikan, plafon maksimal pada kas titipan tersebut mencapai Rp150 miliar yang mana pembukaan layanan tersebut juga dilakukan mengikuti laju pertumbuhan ekonomi Bone dan sekitarnya.

Berdasarkan data bank sentral, pertumbuhan ekonomi Bone sebesar 8,3% yang diikuti pula oleh kabupaten sekitar yakni Kabupaten Wajo, Kabupaten Sinjai dan Kabupaten soppeng yang masing-masing mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 7,05%, 7,54% serta 5,1%.

Selain itu, Bone juga memiliki potensi ekonomi yang besar terkhusus pada sektor agribisnis yang memberikan kontribusi terhadap struktur PDRB sebesar 49% serta perdagangan dengan komposisi 11%.

Pada layanan kas titipan itu akan memasok kebutuhan, penerimaan setoran serta penukaran uang dari 11 perbankan yang beroperasi di wilayah cakupan yakni Bank Sulselbar, BNI, Bank Mandiri, Bank Danamon, BRI, BCA, Bank Artha Graha, Bank Mega, Bank Panin, BTN serta BTPN.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler