Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Tambah 4 Kas Titipan di Sulut & Gorontalo

Bank Indonesia bakal menampah empat kas titipan di wilayah Sulawesi Utara & Gorontalo guna memperluas area distribusi uang kartal. Alhasil, jumlah kas titipan di dua wilayah itu tahun ini bakal menjadi tujuh kas.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, MANADO - Bank Indonesia bakal menampah empat kas titipan di wilayah Sulawesi Utara & Gorontalo guna memperluas area distribusi uang kartal. Alhasil, jumlah kas titipan di dua wilayah itu tahun ini bakal menjadi tujuh kas.

Kepala Perwakilan BI Sulawesi Utara, Soekowardojo, mengatakan wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo yang terdiri dari daratan dan kepulauan membuat distribusi uang kartal terhambat. Oleh karena itu, agar distribusi berjalan efisien, BI membuka kas titipan di sejumlah bank. "Kami menitipkan uang ke bank yang kami tunjuk. Daripada langsung ke Manado, masyarakat bisa tukar di kas titipan di kotanya," jelas Soekowardojo kepada Bisnis.com, Rabu (15/3/2017).

Dia menerangkan, kas titipan yang akan ditambah berlokasi di Tahuna, Kota Mobagu, Bitung, dan Gorontalo. Adapun kas titipan yang sudah ada berlokasi di Talaud, Sitaro, dan  Melonguane. Tiga wilayah tersebut terletak di kepulauan yang berbatasan dengan Filipina.

Soekowardojo menyebut kehadiran kas titipan baru diharapkan membuat masyarakat bisa mendapat uang kartal dengan kualitas yang baik. Sejauh ini, berdasarkan survei yang terakhir digelar pada November 2016, kualitas uang kartal di Sulut berada di atas standard kelayakan.

Tingkat kelusuhan atau soil level soil level uang kartal untuk pecahan besar di Sulut mencapai 11 sedangkan untuk pecahan kecil mencapai level 8. Untuk diketahui, kualitas uang kartal paling baik berada di level 16.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper