Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLTM Batunobotak di Sulteng Segera Dibangun, Diproyeksi Rampung pada 2027

PLN bersama PT Buminata Aji Perkasa Tolitoli segera membangun PLTM Batunobotak berkapasitas 4,3 MW di Sulawesi Tengah.
Proyek PLTM Bayu di Banyuwangi./PLN
Proyek PLTM Bayu di Banyuwangi./PLN

Bisnis.com, MAKASSAR - PT PLN (Persero) bersama PT Buminata Aji Perkasa Tolitoli akan segera memulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Batunobotak berkapasitas 4,3 Megawatt (MW) yang terletak di Desa Dadakitan, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Pembangunan ini sebagai upaya meningkatkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Sulawesi khususnya di Sulteng, yang mana saat ini sistem kelistrikan Tolitoli masih ditopang oleh Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

VP Pengendalian Konstruksi Pembangkit Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi PLN Anjar Sucahya mengungkapkan bahwa PLTM akan memanfaatkan aliran Sungai Batunobotak di desa tersebut dengan menggunakan dua mesin pembangkit berkapasitas total sebesar 4,3 MW.

Untuk pembangunannya sendiri diproyeksikan akan memakan waktu kurang lebih 30 bulan dan direncanakan rampung pada 2027 mendatang.

“Sesuai Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBL) yang telah ditandatangani, PLN memberikan waktu selama 30 bulan bagi PT Buminata Aji Perkasa Tolitoli untuk dapat menyelesaikan pembangunan PLTM Batunobotak," ungkapnya melalui keterangan resmi, Senin (23/9/2024).

Senior Manager Operasi Konstruksi 1 PLN Budi Ari Wibowo menambahkan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan penuh untuk penyelesaian pembangkit ini. Nantinya pasokan listrik akan disalurkan langsung melalui Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20 kV. 

“Terkait dengan penyaluran daya dari PLTM yang nantinya akan disalurkan melalui SUTM 20 kV ke Gardu Hubung (GH) Nopi, PLN UIP Sulawesi akan berkoordinasi aktif dengan PLN Unit Distribusi dalam hal approval setting proteksi dan kebutuhan teknis lainnya terkait sinkronisasi ke jaringan 20 kV sistem Tolitoli,” paparnya.

Sementara Direktur Utama PT Buminata Aji Perkasa Tolitoli Rahadian Adinugroho menyampaikan bahwa pihaknya optimistis bisa menyelesaikan proyek ini tepat waktu karena telah berpengalaman membangun PLTM sejak 2002.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi khususnya untuk infrastruktur EBT ini tercatat telah menyelesaikan beberapa pembangunan PLTM, antara lain PLTM Kalumpang, PTLM Hanga-hanga II, PLTM Wawopada I, PLTM Wawopada II, PLTM Tomata dan PLTM Tomini. 

"Dengan pengalaman yang dimiliki, kami berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan PLTM Batunobotak tepat waktu bahkan jika memungkinkan bisa lebih cepat,” tuturnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper