Kinerja Pelindo Regional 4 Tumbuh Dua Digit pada 2023

Pertumbuhan kinerja Pelindo Regional 4 didorong oleh penerapan digitalisasi yang konsisten selama beberapa tahun.
Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan yang masuk dalam area kerja Pelindo IV./Bisnis-Paulus Tandi Bone.
Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan yang masuk dalam area kerja Pelindo IV./Bisnis-Paulus Tandi Bone.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mencatat arus penumpang, kapal, dan barang di pelabuhan kelolaannya sepanjang 2023 rata-rata berhasil tumbuh dua digit atau di atas 10% dibanding tahun sebelumnya. Salah satu pendorongnya adalah penerapan digitalisasi yang konsisten selama beberapa tahun.

Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis merinci, pada 2023 realisasi kinerja arus kapal di wilayah operasionalnya tercatat sebesar 437.332.884 Gross Tonnage (GT), tumbuh 10,65% dibanding pada 2022 yang hanya 395.234.436 GT.

Pada arus penumpang, tercatat ada petumbuhan sebesar 15,75%, di mana jumlah arus penumpang pada 2022 sebanyak 5.796.957 orang, menjadi 6.709.980 orang pada realisasi tahun lalu. Sementara untuk arus barang, pertumbuhannya paling meyakinkan mencapai 37,50%, di mana realisasi arus barang pada 2022 hanya 31.363.790 ton/m3, menjadi 43.124.530 ton/m3 pada 2023.

"Kinerja pada tahun lalu kami selalu berupaya meningkatkan layanan yang telah ada, salah satunya melalui standardisasi proses bisnis dan transformasi digitalisasi," ungkapnya melalui keterangan resmi, Senin (12/2/2024).

Enriany mengatakan, transformasi digital yang dilakukan Pelindo menjadi salah satu alasan perseroan bisa menuai pertumbuhan kinerja di hampir setiap tahun. Misal melalui aplikasi Phinnisi, Tonus, Pitos-M, dan Pitos-R yang dianggap efektif dalam mendongkrak pertumbuhan kinerja tersebut. 

Semua kegiatan pelabuhan kelolaan di Regional 4 kini dapat terpantau setiap saat selama 24 jam 7 hari dari dalam sebuah ruang kontrol yang terletak di Kantor Makassar New Port (MNP) yang kini sebutannya menjadi TPK New  Makassar Terminal 2. 

“Dari ruang kontrol tersebut, semua aktivitas pelabuhan di Regional 4 dapat dipantau melalui empat aplikasi itu. Jadi semuanya sekarang sudah serba digital. Para pemilik kapal maupun barang juga bisa memantau gerak barang dan kapalnya melalui empat aplikasi itu di mana pun dan kapan pun, tanpa harus mendatangi kantor Pelindo,” pungkas Enriany.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler