Musim Kemarau Sulsel Diprediksi Mulai Mei 2024

BMKG memprediksi musim kemarau di Sulawesi Selatan (Sulsel) baru akan mulai terjadi pada Mei 2024.
Ilustrasi cuaca cerah berawan./JIBI
Ilustrasi cuaca cerah berawan./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau di Sulawesi Selatan (Sulsel) baru akan mulai terjadi pada Mei 2024. Peralihan musim akan bertahap di tiap daerah mengikuti kondisi cuaca di masing-masih wilayah.

Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah IV Makassar Rizky Yudha memperkirakan tidak semua wilayah di Sulsel akan mengalami kemarau pada Mei 2024. Sebagian wilayah kemungkinan baru akan kemarau pada Juli 2024 dan sebagian lagi pada Agustus 2024.

Wilayah yang berkemungkinan mengalami musim kemarau paling pertama atau pada Mei 2024 adalah bagian pesisir barat Sulsel yang meliputi Kota Makassar, Kabupaten Maros, Barru, Pangkep, Gowa dan Takalar. Kemudian memasuki sebagian wilayah pesisir selatan Sulsel yaitu Kabupaten Jeneponto yang kemungkinan juga terjadi pada Mei 2024.

Bagian pesisir selatan Sulsel lainnya yaitu Kabupaten Bantaeng, Bulukumba dan Selayar kemungkinan baru akan terjadi kemarau pada Juli 2024.

Selanjutnya wilayah Sulsel bagian tengah yang meliputi Kabupaten Soppeng, Tana Toraja, dan Toraja Utara  diprediksi juga memasuki musim kemarau pada Juli 2024. Sementara yang paling terakhir terjadi atau pada Agustus 2024 kemungkinan pada wilayah Sulsel bagian timur dan utara yang meliputi Kabupaten Sinjai, Bone, Wajo, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

"Musim di Sulsel ini bertahap tiap wilayahnya karena kondisi cuaca antara wilayah barat dan timur itu berbeda, di utara juga berbeda. Yang unik di bagian selatan itu campuran, Jeneponto paling cepat musim kemarunya dibandingkan wilayah selatan lain," ungkapnya ketika dihubungi Bisnis, Kamis (25/1/2024).

Meskipun begitu, Rizky mengatakan jika perkiraan musim kemarau di Sulsel secara resmi baru akan diumumkan pada Maret atau April 2024. Prediksi saat ini hanya didasarkan dari historis terjadinya peralihan musim di Sulsel.

"Untuk resminya nanti sekitaran Maret atau April, tapi normalnya, biasanya Mei itu sudah masuk musim kemarau. Jadi prediksi saat ini, kemungkinan kemarau pada Mei 2024," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler