Perpustakaan Keliling Makassar Ada Internet, Bisa Akses Buku Digital Gratis

Para pembaca perpustakaan keliling nantinya bisa mengakses internet dan mendengarkan dongeng online secara gratis.
Mobil Perpustakaan Keliling saat menyambangi SMPN 46 Makassar./Pemkot Makassar
Mobil Perpustakaan Keliling saat menyambangi SMPN 46 Makassar./Pemkot Makassar

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar berkolaborasi dengan Telkomsel akan memaksimalkan layanan Perpustakaan Keliling dengan melengkapi mobil layanannya menggunakan fasilitas Wifi Internet Mobile. Fasilitas ini akan membuka peluang bagi pembaca untuk tidak hanya menikmati buku fisik, tapi juga akses ke buku digital.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Andi Patiware mengatakan tahun ini ada tiga mobil layanannya yang akan dilengkapi dengan fasilitas tersebut. Selain mengakses buku digital, para pembaca nantinya bisa mengakses internet dan mendengarkan dongeng online secara gratis.

Dia berharap melalui perpaduan teknologi dan literatur dalam mobil Perpustakaan Keliling, pihaknya dapat menjangkau lebih banyak masyarakat untuk tertarik membaca, khususnya para generasi muda Makassar.

"Tujuan kami tidak hanya menyediakan akses ke sumber pengetahuan, tetapi juga untuk menumbuhkan kebiasaan membaca serta memperkaya pengalaman belajar. Apalagi angka Tingkat Gemar Membaca (TGM) Kota Makassar pada 2023 lalu melaju pesat dan menduduki peringkat 4 nasional," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (25/1/2024).

Manager Digital Lifestyle Sales Support Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka) Magdalena Irawati Ovi menambahkan, selain penyediaan internet di mobil Perpustakaan Keliling, pihaknya juga akan melakukan kolaborasi yang meluas dengan pemerintah kota, seperti penambahan unit Gade-Gade Pustaka: Mini Pustaka Mart (MPM) dan pemberdayaan tenaga perpustakaan.

Apalagi unit MPM yang telah menjadi inovasi terbaik Kota Makassar pada tahun 2022 ini akan ditempatkan di ruang publik seperti Pantai Losari.

"Ada tiga rencana kolaborasi yang akan dijalin antara kami yakni layanan internet di Perpustakaan Keliling, melanjutkan penambahan Unit Gade-Gade Pustaka: Mini Pustaka Mart (MPM) untuk mendekatkan layanan perpustakaan dan layanan Telkomsel, serta pemberdayaan tenaga perpustakaan di Perpustakaan Sekolah dalam peningkatan layanan perpustakaan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler