Dukung Budi Daya Nanas dan Nangka, Pemprov Sulsel Bagi-bagi Bibit di Bone

Pemprov Sulsel mendukung pengembangan budi daya nanas dan nangka di Kabupaten Bone dengan memberikan bantuan bibit kepada masyarakat di wilayah tersebut.
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin (kanan) bersama para petani tengah melakukan penanaman bibit tanaman nanas./Pemprov Sulsel
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin (kanan) bersama para petani tengah melakukan penanaman bibit tanaman nanas./Pemprov Sulsel

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mendukung pengembangan budi daya nanas dan nangka di Kabupaten Bone dengan memberikan bantuan bibit kepada masyarakat di wilayah tersebut.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan salah satu tujuannya adalah untuk memanfaatkan beberapa lahan masyarakat yang dianggap masing nganggur atau tidak produktif. Lahan-lahan tersebut diharapkan bisa bernilai ekonomi dan bisa menjadi tambahan penghasilan warga.

Pemberian bibit nanas diberikan kepada warga di Desa Arasoe, Kecamatan Cina dengan peruntukan setara 5 hektare lahan. Namun Bahtiar berjanji akan terus mengembangkannya hingga menjadi 20 hektare lahan dalam waktu dekat.

"Sementara kami berikan untuk tujuh kelompok tani, tapi dalam waktu dekat ini kami akan kembangkan lagi supaya mencakup lahan yang lebih luas dan ke masyarakat yang lebih banyak," paparnya, Minggu (14/1/2024).

Sementara untuk bibit nangka, disebar kepada masyarakat di Desa Mabbiring, Kecamatan Sibulie. Ada sekitar 825 petani dari 11 kelompok tani yang menerima untuk ditanami di lahan masing-masing.

Kepala Desa Mabbiring Andi Syahril mengaku wilayahnya memang menjadi salah satu desa yang banyak mendapatkan bibit untuk peruntukan Kecamatan Sibulie. Oleh karena itu dia berharap hasilnya bisa maksimal dan membantu masyarakat meningkatkan perekonomiannya.

"Desa dan masyarakat kami senang sekali karena salah satu desa di Kecamatan Sibulue yang banyak mendapatkan bibit. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi warga dan sekitarnya," ujar Syahril.

Selain nangka, Syahril mengatakan jika Desa Mabbiring juga sangat berpotensi ditanami jenis komoditas lain seperti cengkeh, rambutan, nanas, sukun, durian, dan juga pisang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler