Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Penumpang di Pelabuhan Makassar Diproyeksi Meningkat 30% saat Nataru

Arus penumpang dan kapal di Pelabuhan Makassar saat Nataru tahun ini diperkirakan meningkat dibanding tahun lalu.
Penumpang berjalan menuju kapal di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21/12/2022)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Penumpang berjalan menuju kapal di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21/12/2022)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar memperkirakan jumlah arus penumpang dan kunjungan atau call kapal akan mengalami peningkatan sebesar 30% di musim Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini dibandingkan dengan musim Nataru tahun sebelumnya.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar Iwan Sjarifuddin mengatakan, sebagai pelabuhan tersibuk di Regional 4, Pelabuhan Makassar memang selalu mencatat jumlah arus penumpang tertinggi di setiap musim Nataru. 

Dari 20 cabang kelolaan Pelindo di Regional 4, total arus penumpang periode H-15 hingga H+15 di Pelabuhan Makassar pada Nataru sebelumnya tercatat yang paling banyak mencapai 83.860 orang. Jumlah tersebut terdiri dari embarkasi atau penumpang yang berangkat sebanyak 42.722 orang dan debarkasi atau penumpang yang tiba sebanyak 41.138 orang.

Jumlah tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 108% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 40.149 orang penumpang. Melihat pertumbuhan signifikan tersebut, Iwan pun optimis tahun ini angkanya diproyeksi akan kembali meningkat 30% atau pada kisaran 109.018 orang.

"Pertumbuhan arus penumpang tersebut juga sejalan dengan pertumbuhan arus kapal yang mencapai 83 call kapal pada tahun lalu. Diprediksi musim Nataru tahun ini akan mengalami peningkatan lagi sebesar 30%,” imbuh Iwan.

Sementara Junior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 4 Makassar Andy Hermawan mengatakan, pihaknya bersama stakeholder terkait lainnya akan menyiapkan posko bersama di area Pelabuhan Makassar untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi terjadi pada H-8, H-1, H+1, H+6, H+8 dan H+9.

Pelindo Regional 4 Makassar juga sudah menyiapkan sejumlah fasilitas yang ada, khususnya di Terminal Penumpang Anging Mammiri yang memiliki kapasitas kurang lebih 4.000 orang penumpang.

Pihaknya juga akan terus memantau setiap sarana dan prasarana yang tersedia senantiasa dalam kondisi yang nyaman dan bersih, terutama untuk toilet, ruang menyusui, musala, dan ruang tunggu serta fasilitas yang lainnya.

“Bahkan kami juga telah menyiapkan fasilitas berupa ruang tunggu sementara (RTS) untuk penumpang kapal yang transit agar lebih tertib dan teratur, sehingga tidak menumpuk di dalam ruang tunggu terminal dan calon penumpang lainnya pun akan merasa lebih aman dan nyaman,” tuturnya.

Andy menambahkan bahwa posko bersama dengan stakeholder tersebut akan mulai dioperasikan pada 18 Desember 2023. Di dalam posko bersama itu akan terdiri dari semua unsur terkait di Pelabuhan Makassar, di antaranya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Makassar, Pelindo Regional 4 Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), aparat keamanan, dan juga instansi pemerintah daerah yang terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler