Sulsel Masuk Musim Hujan, Puncaknya Diperkirakan Januari 2024

Sebagian wilayah Sulsel terutama Makassar dan sekitarnya telah mulai memasuki musim penghujan.
Kendaraan melintas saat hujan deras di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/3/2023)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Kendaraan melintas saat hujan deras di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/3/2023)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Sebagian wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel) terutama Makassar dan sekitarnya telah mulai memasuki musim penghujan, ditandai dengan meningkatnya curah hujan beberapa hari terakhir. Puncak musim hujan sendiri diperkirakan akan terjadi pada Januari 2024.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Asriani Idrus mengatakan hujan di wilayah Makassar dan sekitarnya saat ini masih tergolong singkat dan terjadi di waktu tertentu, namun disertai dengan petir. Munculnya petir akibat dari pertumbuhan awan cumulonimbus (CB) yang signifikan tetjadi di langit Makassar.

Beberapa hari terakhir, terpantau hujan hanya terjadi pada siang hingga sore hari. Hal tersebut disebabkan karena cuaca di Sulsel saat ini masih berada pada awal pergantian musim dari kemarau masuk ke musim penghujan. 

"Awal musim hujan biasanya memang seperti ini, hujannya siang hingga sore. November ini kita sudah mulai masuk musim penghujan," ungkapnya, Selasa (28/11/2023).

Sementara untuk puncak musim hujan, Asriani memprediksi akan terjadi pada Januari 2024, dengan ditandai curah hujan yang meningkat dan durasi hujan yang lebih lama dari sebelumnya. Kondisi tersebut kemungkinan akan mulai meningkat pada akhir Desember 2023.

"Diperkirakan akhir tahun ini curah hujan sudah mulai meningkat, jadi kemungkinan Desember ke Januari itu hujan turun mulai pagi," paparnya.

Dia menambahkan, dalam tiga hari kedepan diperkirakan Makassar dan sekitarnya masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, terjadi pada siang hingga sore hari. Namun hujan juga dimungkinkan terjadi pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler