Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Futsal Asal Makassar Jadi Kampiun Axis Nation Cup 2023

Kompetisi futsal yang melibatkan 1.200 sekolah tingkat SMA/SMK se-Indonesia ini diharapkan menjadi katalis bagi pelajar guna mengasah potensi dan skillnya
Selebrasi juara tim futsal SMAN 8 Makassar usai menjuarai Axis Nation Cup 2023 / IST
Selebrasi juara tim futsal SMAN 8 Makassar usai menjuarai Axis Nation Cup 2023 / IST

Bisnis.com, MAKASSAR - Tim futsal SMAN 8 Makassar menorehkan performa impresif dan menjadi kampiun pada ajang AXIS Nation Cup 2023 setelah mengandaskan perlawanan SMK Nusantara Jakarta Barat di partai final dengan skor 6-1.

Perwakilan Sulawesi ini berhasil menyingkirkan 10 tim lainnya yang berasal dari berbagai sekolah yang ada di Indonesia. Chief Marketing Officer XL Axiata Alfons Bosch Sansa mengatakan tim futsal SMAN 8 Makassar menjadi yang terbaik setelah menampilkan permainan yang begitu atraktif.

Jika terus diasah, mereka digadang bisa membawa harum nama daerah dan juga akan bisa menjadi bagian dari tim nasional Indonesia.

"SMAN 8 Makassar menjadi yang terbaik dengan penampilan yang memang luar biasa. Apalagi kita menggelar program ini dengan menampilkan tim-tim futsal tingkat SMA yang penuh bakat dari seluruh penjuru dengan seleksi yang cukup ketat," paparnya dalam keterangan dikutip Kamis(19/10/2023).

Direktur & Chief Enterprise Business & Corporate Affairs Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya mengungkapkan, gelaran ini merupakan salah satu inisiatif pihaknya untuk turut serta mendukung pemerintah dalam membina generasi muda yang berkompetisi dan kolaboratif melalui team play, menjunjung aturan dan sportifitas melalui fair play, serta bisa menikmati momen melalui permainan yang menyenangkan.

Melibatkan lebih dari 1.200 sekolah dengan lebih dari 12.000 atlet dari 30 kota di seluruh Indonesia. Mulai dari babak preliminary di enam region yang berlangsung di Serang, Tangerang, Bogor, Bekasi, Jakarta, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Purwokerto, Semarang, Solo, Denpasar, Surabaya, Malang, Mataram, Aceh, Medan, Palembang, Padang, Jambi, Pekanbaru, Lampung, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Manado, Gorontalo, Palu dan Makassar. 

"Ajang ini mendapatkan perhatian luas dengan lebih dari 100.000 pengunjung. Hal ini sekaligus menegaskan komitmen XL Axiata melalui AXIS untuk terus memahami kebutuhan segmen pelanggan anak-anak muda," paparnya.

Sementara Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan SMAN 8 Makassar yang sekaligus Pembina Ekskul Futsal Aco Pasenrengi mengatakan, jika gelar juara ini merupakan hasil kerja keras anak didiknya dan dukungan dari pihak sekolah. Dia bersyukur karena AXIS bisa menggelar turnamen futsal pelajar sebesar ini ditengah minimnya kompetisi pelajar yang diadakan.

"Semoga tahun depan kami bisa hadir kembali ke Istora Senayan. Kami bersyukur gelaran ini ada, karena kami bisa membuktikan jika bibit-bibit atlet itu banyak dari Indonesia bagian Timur sana," ungkapnya. Tim futsal SMAN 8 Makassar sendiri memulai ajang ini dari babak penyisihan dengan menyisihkan sekitar 40 sekolah di area Makassar dan sekitarnya.

Selanjutnya di babak final Regional Sulawesi yang dilaksanakan di Makassar, mereka dipertemukan dengan tiga tim pemenang dari Gorontalo, Manado, dan Palu, hingga berhasil juara.

Dalam babak grand final, Minggu (15/10/2023) lalu, SMAN 8 Makassar yang mewakili Region Sulawesi berhasil menjadi juara setelah mengalahkan 10 tim sekolah lainnya dari beberapa kota di Indonesia dan berhak mendapatkan hadiah Rp75 juta. Sedangkan SMK Nusantara Jakarta Barat menjadi juara 2 dengan hadiah Rp50 juta dan SMAN 11 Semarang menjadi juara 3 dengan hadiah Rp15 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler